IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AINUL YAQIN AJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Adami, Ilman Khoiruddin Adami (2023) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AINUL YAQIN AJUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH AHCMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ilman Khoiruddin Adami T20179039.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ilman Khoiruddin Adami, 2023. Implementasi Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ainul Yaqin Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023.
Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung untuk beberapa kompetensi dasar umumnya menunjukan nilai yang rendah. Standar kompetensi dan kompetensi dasar Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan sarat akan materi, disamping cakupannya yang luas sehingga membuat siswa merasa jenuh dan minat belajar siswa rendah hal ini terlihat dari hasil observasi yang penulis lakukan selama menjadi guru Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin. Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas kebanyakan masih menggunakan paradigma lama.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode role playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung?. 2) Bagaimana pelaksanaan metode role playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Ainul Yaqin Ajung?. 3) Bagaimana evaluasi metode role playing secara hasil pembelajaran pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung tahun pelajaran 2022/2023.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode role playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode role playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode role playing terhadap hasil pembelajaran pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelian ini memperolah kesimpulan: 1) Perencanaan metode role playing pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu cara menyusun RPP, menyiapkan tema cerita, menyusun skenario, pemilihan tokoh, mengatur tempat, menyiapkan media yang akan dipakai seperti perlengkapan nama tokoh, meja, dan sebagainya. 2) Pelaksanaan metode role playing pada pembelajaran IPS dilaksanakan pada KD 3.2 materi interaksi sosial dengan langkah-langkah pelaksanaan yaitu membagikan teks skenario, menganalisis cerita, menata kelas, peserta didik memerankan kegiatan sesuai dengan skenario dan memakai media yang telah di buat. 3) Evaluasi metode role playing pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu peserta didik berhasil melaksanakan implementasi metode role playing apabila peserta didik mampu memahami konsep materi interaksi sosial dengan baik dan bagaimana peserta didik berhasil memerankan cerita tersebut, secara evaluasi implementasi metode role playing dalam bentuk motivasi pembelajaran meliputi kesimpulan, pesan, dan kesan peserta didik saat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas pada pengimplementasian metode role playing tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ilman Ilman Khoiruddin Adami 17 Ilman Khoiruddin Adami
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:00
Last Modified: 11 Jul 2023 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item