Internalisasi Nilai Keislaman Dalam Membentuk Karakter Anak Melalui Program Kampung Qur'an Dusun Balekambang Desa Paseban Kencong Jember

Sahila, Alimatuz Zahro (2023) Internalisasi Nilai Keislaman Dalam Membentuk Karakter Anak Melalui Program Kampung Qur'an Dusun Balekambang Desa Paseban Kencong Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sahila Alimatuz Zahro_(T20191389) .pdf

Download (2MB)

Abstract

abstrak
Sahila Alimatuz Zahro 2023 : Internalisasi Nilai Keislaman Dalam Membentuk Karakter Anak Melalui Program Kampung Qur’an Dusun Balekambang Desa Paseban Kencong Jember
Kata Kunci : Internalisasi Nilai Keislaman, Membentuk Karakter, Program Kampung Qur’an
Pendidikan di Indonesia dalam dekade terakhir banyak menuai problem, salah satunya adalah mulai merosotnya moralitas atau karakter yang melanda generasi muda. Internalisasi nilai keislaman menjadi trobosan dalam proses membentuk karakter pada siswa, yang dalam hal ini tidak hanya diterapkan dalam lingkup sekolah, namun perlu penguatan di luar jam sekolah seperti kegiatan yang diadakan oleh lingkungan masyarakat.Terkait hal tersebut masyarakat dusun Balekambang desa Paseban membuat program kampung Qur’an sebagai upaya dalam mengoptimalkan internalisasi nilai keislaman guna membentuk karakter anak yang religius, disiplin, dan bertanggung jawab.
Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses internalisasi nilai keislaman dalam membentuk karakter anak melalui program kampung Qur’an dusun Balekambang desa Paseban Kencong Jember ? 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat internalisasi nilai keislaman dalam membentuk karakter anak melalui program kampung Qur’an dusun Balekambang desa Paseban Kencong Jember ?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subjek/informan dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dengan melakukan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data memiliki beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Proses internalisasi nilai keislaman dalam membentuk karakter anak melalui program kampung Qur’an dusun Balekambang ada beberapa hal yang dilakukan yang pertama adalah memperhatikan kondisi anak didik dan masyarakat sekitar, dalam menanamkan nilai keislaman ada tiga tahapan yakni tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai, kemudian nilai yang diinternalsasikan adalah nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak yang akan membentuk karakter anak yang religius, disiplin, dan bertanggung jawab. 2) faktor yang mendukung proses internalisasi nilai keislaman dalam membentuk karakter anak melalui program kampung Qur’an dusun Balekambang desa Paseban adalah guru, dukungan orangtua, minat peserta didik, serta kelengkapan fasilitas, dan faktor yang menghambat adalah kurangnya dukungan orangtua, dan pengaruh negatif media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Sahila Alimatuz Zahro
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:00
Last Modified: 11 Jul 2023 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26257

Actions (login required)

View Item View Item