Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Gerak Dan Lagu Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023.

Fadilah, Anisatul (2023) Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Gerak Dan Lagu Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Hj. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ANISATUL FADILAH 2023 - WATERMAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Anisatul Fadilah, 2023. Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Gerak Dan Lagu Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Pengembangan Bahasa, Gerak Dan Lagu.

Bahasa merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan sejak dini. Anak-anak yang masih berada dalam masa pekanya mudah untuk belajar bahasa. Fokus pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanan upaya pelaksanaan kegiatan melalui gerak dan lagu dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana upaya meningkatkan perkembangan bahasa dalam aspek menyimak melalui gerak dan lagu pada kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana upaya meningkatkan perkembangan bahasa dalam aspek mengungkapkan melalui gerak dan lagu pada kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023?
Tujuan dari penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan upaya pelaksanaan kegiatan melalui gerak dan lagu dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Mendeskripsikan upaya meningkatkan perkembangan bahasa dalam aspek menyimak melalui gerak dan lagu pada kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Mendeskripsikan upaya meningkatkan perkembangan bahasa dalam aspek mengungkapkan melalui gerak dan lagu pada kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022/2023?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di uji mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan gerak dan lagu memiliki tiga tahapan yang dilakukan yaitu pembukaan, kegiatan inti dan penutup. 2) Upaya meningkatkan perkembangan bahasa dalam aspek menyimak dilakukan dengan cara anak memperhatikan dan mendengarkan secara aktif lagu dan gerakan yang berisikan kosa-kata dan kalimat yang disesuaikan dengan tema pembelajaran untuk memperoleh informasi, kosa-kata baru, serta pemahaman anak pada tahap yang lebih tinggi. 3) Upaya meningkatkan perkembangan bahasa dalam aspek mengungkapkan dilakukan dengan cara guru memberikan lagu dan gerakan yang kemudian ditirukan oleh anak, dan memberikan stimulasi sesuai dengan keunikan masing-masing anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Dila Fadilah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:34
Last Modified: 11 Jul 2023 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item