Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di Mts Al Azhar Ajung Tahun Pelajaran 2021/2022

Nur Fadhilah, Siti (2023) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di Mts Al Azhar Ajung Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NUR FADHILAH_T20189021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Nur Fadhilah, 2023 : Perbedaan Hasil Belajar menggunakan Pendekatan
Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di Mts Al Azhar Ajung Tahun
Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci : Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar.
Pembelajaran bukan lagi perpindahan informasi dari pendidik ke peserta
didik, namun paradigma baru pembelajaran yang harus diterapkan di Indonesia
adalah mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai
pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan bersikap
baik serta mampu berkonstribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa,
bernegara, dan peradaban dunia. Sehingga seharusnya pembelajaran lebih
menekankan pada aktivitas berpikir siswa yang kritis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat Perbedaan
Hasil Belajar menggunakan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas
VII Di Mts Al Azhar Ajung Tahun Pelajaran 2021/2022 ?
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui Perbedaan Hasil
Belajar menggunakan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di
Mts Al Azhar Ajung Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian quasi experimental atau eksperimen semu yang didesain dengan
menggunakan non-equivalent control group design, yaitu desain penelitian dengan
pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas
VII Mts Al-Azhar Ajung Tahun yang berjumlah 51 siswa. Penentuan sample ini
menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi berupa nilai postest. Analisis dan uji hipotesis dengan Independent
Sample T-Test dan dilakukan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikan atau nilai sig (2-
tailed) < 0,05 sehingga diperoleh hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis
alternative (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan hasil belajar menggunakan
pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS Kelas VII Di Mts Al Azhar Ajung
Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Oh Siti Nur Fadhilah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:46
Last Modified: 11 Jul 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26260

Actions (login required)

View Item View Item