KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HADRAH AL HABSYI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PANCASILA AMBULU TAHUN AJARAN 2022/2023

Amrulloh, Nanang Alfan (2023) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HADRAH AL HABSYI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PANCASILA AMBULU TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nanang Alfan Amrulloh_T20191321.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nanang Alfan Amrulloh, 2023:Kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyi Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci: Karakter Religius,Ekstrakurikuler Hadrah Al habsyi
Karakter religius merujuk pada sifat-sifat, nilai-nilai, keyakinan, dan perilaku yang berkaitan dengan kehidupan spiritualdan agama. Yaitu yang meliputi,keyakinan ketaatan, spiritualitas, refleksi, etika,moral, kehidupan berdasarkan prinsip-prinsip Agama, kekompakan dan kerjasama. Kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyi merupakan salah satu wadah bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas Pancasila untuk mengembangkanspiritualitas dan meningkatkan pemahaman agama. Melalui kegiatan ini,peserta didik dapat belajar dan berpartisipasi dalam pengalaman keagamaan yang melibatkan seni,kultur, dan musik. Ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyidi sekolah ini memiliki potensi besar dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik.
Fokus penelitian (1)Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyi di Sekolah Menengah Atas Pancasila? (2) Bagaimana penerapan dalam menumbuhkan karakter religius siswamelalui kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyi di Sekolah Menengah Atas Pancasila? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius peserta didik di Sekolah Menengah PertamaIslam Ambulu?
Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyi di Sekolah Menengah Atas PancasilaAmbulu. (2) Untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler Hadrah AlHabsyi dalam menumbuhkan pendidikan karakter Religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu. (3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan pendidikan karakter Religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitiankualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait kegiatan ekstrakurikuler Hadrah AlHabsyi. Peserta penelitian terdiri dari peserta didik yang aktif dalam kegiatan tersebut, pengajar ekstrakurikuler, serta pihak sekolah yang terkait.
Kesimpulan,Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang peran kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyi dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik. Dari temuan penelitian ini yaitu,kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Al Habsyi dapat menumbuhkan karakter religius melalui pembudayaan nilai nilai religius dari kegiatan ekstrakurikuler hadrah Al Habsyi, juga meningkatkan spiritual dan memahami nilai nilai agama sehingga membentuk kepribadian, sikap, tingkah laku dari peserta didik. Dan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan kegiatan ektrakurikuler Hadrah Al Habsyi di Sekolah MenengahAtas Pancasila Ambulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanang Alfan Amrulloh
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:36
Last Modified: 11 Jul 2023 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26261

Actions (login required)

View Item View Item