STRATEGI GURUAl-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 8 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023

Fitri, Aisyah (2023) STRATEGI GURUAl-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 8 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitri Aisyah_T20191474.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Strategi Guru
Kecerdasanspiritual merupakan kecerdasan tertinggi di antara kecerdasan lainnya.Kecerdasan spiritual memberikan kemampuan pada seseorang dalam memahami nilai dan makna ibadah pada setiap tindakan.Dalam mewujudkan hal tersebut dibutuhkan peran seorang guru dalam membimbing siswa untuk meningkatkan kecerdasan tersebut.Seperti halnya di SMK Muhammadiyah 8 Siliragung, guru menggunakan beberapa strategi dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, agar siswa memiliki landasan yang kuat untuk tumbuh menjadi orang yang baik hati, berkepribadian luhur, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungannya.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi guru al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Banyuwangi tahun ajaran 2022/2023? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat peningkatan kecerdasan spiritual siswa di SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Banyuwangi tahun ajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peningkatan kecerdasan spiritual siswa di SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan: Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber.
Hasil penelitian ini memiliki kesimpulan: 1) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, meliputi: pendekatan pembelajaran interaktif, pembiasaan ibadah dan beramal baik dan pemberian keteladanan kepada siswa. 2) Faktor pendukung secara internal yaitu kesadaran diri siswa yang tinggi, sedangkan faktor pendukung secara eksternal yaitu adanya peran guru dan orang tua sebagai pembimbing dan motivator anak. Untuk faktor penghambat secara internal yaitu tingkat kesadaran diri siswa yang rendah, sedangkan faktor penghambat secara eksternal yaitu kondisi keluarga dan pengaruh lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Miss Fitri Aisyah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:57
Last Modified: 11 Jul 2023 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item