Implemnetasi media spinning wheel pembelajaran ips kelas viii b untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di smpn 3 rambipuji

Saputra, Novanda (2023) Implemnetasi media spinning wheel pembelajaran ips kelas viii b untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di smpn 3 rambipuji. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novanda Bayu Saputra_T20189078.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi ketika proses belajar mengajar dilakukan adalah ketika siswa cenderung pasif serta bosan, oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sebagai solusi dalam permasalahan proses kegiatan belajar dan mengajar dikelas, seperti penggunaan media spinning wheel sebagai bahan ajar dikelas. Media Spinning Wheel adalah sebuah media berbentuk roda yang dapat diputar dan dibagi menjadi beberapa sektor/bagian yang di dalamnya terdapat warna sehingga dapat membantu keefektifan proses pembelajaran. Maksudnya dengan menerapkan media Spinning Wheel ini siswa dapat berpikir secara konkret/nyata mengenai materi yang diajarkan, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.
Fokus Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan implementasi media spinning wheel pembelajaran IPS dikelas VIII B untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 3 Rambipuji? 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi media spinning wheel pembelajaran IPS dikelas VIII B di SMPN 3 Rambipuj? 3) Bagaimana evaluasi implementasi media spinning wheel pembelajaran IPS dikelas VIII B di SMPN 3 Rambipuji?
Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi media spinning wheel pembelajaran IPS untuk menimgkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII B di SMPN 3 Rambipuji 2) Mendeskripsikan pelaksanaan implementasi media spinning wheel pembelajaran dikelas VIII B di SMPN 3 Rambipuji 3) Mendeskripsikan evaluasi implementasi media spinning wheel pembelajaran IPS dikelas VIII B di SMPN 3 Rambipuji.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Kesimpulan Penelitian ini yaitu : 1) Guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran Media Spinning Wheel dengan mempersiapkan RPP 2) pelaksanaan pembelajaran Media Spinning Wheel yaitu Guru menjelaskan kompetensi pembelajran, Guru menjelaskan materi seperti biasa, Guru menerapkan media pembelajaran, Guru memberikan kesimpulan terhadap materi pembelajaran yang sudah dibahas. 3) evaluasi pembelajaran Media Spinning Wheel yaitu media ini hanya digunakan dalam meriview materi yang sudah diajarkan, media ini menggunakan nilai pre test dan nilai post test dimana nilai post test yang sudah dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar dengan melebihi nilai KKM yang sudah ditentukan, faktor penghambat dalam penggunana media Spinning Wheel diantaranya minat siswa, motivasi siswa, tingkat kecerdasan siswa, serta faktor pendudukung yaitu hubungan guru dengan siswa dan faktor lingkungan.
Kata Kunci : Media Spinning Wheel; Mata Pelajaran IPS; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Novanda Bayu Saputra
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:33
Last Modified: 11 Jul 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26264

Actions (login required)

View Item View Item