PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBENTUK POP-UP BOOK PADA MATERI BAKTERI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X IPA DI MA AL-QODIRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ROHMAH, A'IZ ZILZALATUR (2023) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBENTUK POP-UP BOOK PADA MATERI BAKTERI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X IPA DI MA AL-QODIRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
A'iz Zilzalatur R (SKRIPSI).pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata kunci: Modul biologi, Pop-up book, Penguasaan konsep, Bakteri.
Analisis masalah yang telah dilakukan di MA Al-Qodiri Jember
menemukan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam menguasai konsep pada
materi bakteri. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan
disediakannya media pembelajaran inovatif yang dapat memberikan siswa
gambaran visual terkait materi bakteri sembari meningkatkan ketertarikan
belajarnya. Analisis kebutuhan yang dilakukan memvalidasi kebutuhan
dikembangkannya modul biologi berbentuk pop-up book pada materi bakteri
dengan kebutuhan meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan,
kepraktisan, dan efektivitas modul biologi berbentuk pop-up book yang
dikembangkan sebagai media pembelajaran biologi pada materi bakteri untuk
meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas X IPA MA Al-Qodiri Jember.
Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE (Branch) yang terdiri dari lima tahap yaitu
Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement
(implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Validasi ahli materi, media, dan guru
biologi dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan produk, uji coba skala
kecil dan besar dilakukan untuk mendeskripsikan kepraktisan produk, dan Desain
One Group Pretest Posttest digunakan untuk uji keefektifan produk. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, lembar angket, dan lembar
tes. Validasi dilakukan oleh 1 validator ahli materi, 1 validator ahli bahasa, 1
validator ahli media, 1 validator guru biologi dan 1 validator ahli instrumen tes.
Uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 9 orang siswa dan uji coba kelompok
besar dilakukan kepada 30 siswa kelas X IPA 1 MA Al-Qodiri Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi
memperoleh persentase sebesar 98,7% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil
validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 95,3% dengan kriteria sangat
valid, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 94,1%
dengan kriteria sangat valid, validasi ahli soal memperoleh persentase sebesar
96,6% dan respon guru memperoleh persentase sebesar 90,5% dengan kriteria
valid, rata-rata angket respons siswa skala kecil diperoleh hasil sebesar 94,6%
dengan kriteria sangat menarik, dan untuk rata-rata angket respons siswa skala
besar diperoleh hasil sebesar 94% dengan kriteria sangat menarik. Produk
dinyatakan efektif karena terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest penguasaan
konsep siswa ketika diajarkan menggunakan modul biologi berbentuk pop-up
book pada materi bakteri yang diuji dengan paired sample T-Test (0,000) dan nilai
N-Gain yaitu 0,85 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk modul biologi berbentuk pop-up
book dikategorikan Sangat Valid, Sangat Praktis, dan Sangat Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060205 Marine and Estuarine Ecology (incl. Marine Ichthyology)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: A'iz Zilzalatur Rohmah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:51
Last Modified: 11 Jul 2023 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26267

Actions (login required)

View Item View Item