Pengembangan lembar kerja peserta didik LKPD matematika berbantuan publisher 2016 materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMK Al Qodiri Jember

Purnomo, Triandrianto (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik LKPD matematika berbantuan publisher 2016 materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMK Al Qodiri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Triandrianto Purnomo_T20167009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: lembar kerja peserta didik; publisher 2016; sistem persamaan linear tiga variabel

Matematika dibedakan menjadi tiga bidang kajian yaitu: aljabar, analisis, dan geometri. Salah satu materi yang diajarkan pada kelas X SMA atau SMK adalah materi aljabar yang didalamnya membahas mengenai sistem persamaan linear tiga variabel. Yang mana, materi tersebut bersifat abstrak dikarenakan objek kajiannya menggunkan simbol-simbol dan angka-angka. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMK Al Qodiri Jember dengan pendidik atau guru matematika, peneliti mendapatkan beberapa informasi yakni kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, pendidik menggunakan media pembelajaran papan tulis dan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik atau LKPD yang tidak dibuat sendiri oleh pendidik, melainkan dibeli dari penerbit. Selain itu peserta didik kelas X SMK Al Qodiri Jember mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear tiga variabel, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini akan mengkaji terkait tentang bagaimana proses pengembangan lembar kerja peserta didik atau LKPD matematika berbantuan Publisher 2016 materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMK Al Qodiri Jember dan bagaimana tingkat kevalidan produk yang dikembangkan.

Tujuan dari penelitian ini adalah menggembangkan suatu produk berupa lembar kerja peserta didik atau LKPD matematika agar menjadi lebih baik lagi sehingga dalam proses pemanfaatannya dapat menuju tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4D yang didalamnya terdapat empat tahap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah skor dari tiga validator adalah 249,809% dengan rata-rata 83,269%. Dengan demikian lembar kerja peserta didik atau LKPD matematika kelas X materi sistem persamaan linear tiga variabel dinyatakan valid dan dapat digunakan, namun perlu perbaikan atau revisi kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010501 Algebraic Structures in Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Triandrianto Purnomo
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:23
Last Modified: 11 Jul 2023 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26269

Actions (login required)

View Item View Item