Pembelajaran At-Tibyan Fi 'Ulum Al-Qur'an dengan Pendekatan Student Centered Learning di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember Tahun 2022/2023

Abdullah Hasyim Zain, Zain (2023) Pembelajaran At-Tibyan Fi 'Ulum Al-Qur'an dengan Pendekatan Student Centered Learning di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
Abdullah Hasyim Zain_T20191063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân, Pendekatan
Student Centered Learning
Pendekatan student centered learning (SCL) akan menumbuhkan kemandirian dalam belajar. Akan tetapi, pendekatan SCL terdapat juga yang menghasilkan ketidak mandirian dalam belajar. Salah satunya di Pondok Pesantren Al-Bidayah, mayoriatas santri mandiri dalam belajar, namun dibalik itu terdapat juga para satri yang tidak mandiri. Hal tersebut semakin menarik untuk dijadikan penelitian terkait pembelajaran al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân dengan pendekatan SCL di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân dengan pendekatan SCL di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân dengan pendekatan SCLdi Pondok Pesantren Al-
Bidayah Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân
di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1)
Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân di Pondok
Pesantren Al-Bidayah Jember. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân dengan pendekatan SCL di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi moderat, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap pengabsahan data yang didapatkan, peneliti menggunakan dua teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) perencanaan pembelajaran meliputi: pengalokasian waktu pembelajaran, penentuan santri yang wajib berpartisipasi serta penentuan ruang lingkup materi pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan kegiatan pra pembelajaran yakni para santri menganalisis secara mandiri dimalam hari, kemudian pada saat pembelajaran dimulai dari kegiatan pembuka yakni pembacaan tawassul dan al-fatihah,
kemudian kegiatan inti yang menggunakan metode diskusi dan ceramah, serta
penggunaan media yang berupa kitab at-tibyan fil ulumil qur’an, Proyektor, laptop
dll. Diakhiri dengan kegiatan penutup yakni pertanyaan dan pembacaan do’a. 3)
evaluasi dalam pembelajaran kitab al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân dibagi menjadi dua yakni evaluasi harian dan mingguan. Evaluasi harian berfungsi untuk menilai
hafalan, pemahaman dan penerapan santri. Evaluasi mingguan berfungsi untuk menilai hasil belajar santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Abdullah Hasyim Zain
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:21
Last Modified: 11 Jul 2023 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26271

Actions (login required)

View Item View Item