STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ JUNAIDI HAFAZ MELALUI MEDIA KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MAS SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN

Rahman, Afifur (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ JUNAIDI HAFAZ MELALUI MEDIA KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MAS SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AFIFUR RAHMAN_D20161006.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Afifur Rahman, Kun Wazis, 2023: Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Junaidi Hafaz Melalui Media Kaligrafi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MAS. Sumber Bungur Pakong Pamekasan.

Salah satu bentuk komunikasi ustadz Junaidi dalam berdakwah adalah bil qolam. Dakwah yang satu ini, kini mulai sering dijadikan sebagai salah satu penopang kesuksesan target dakwah. Karena pada dasarnya dakwah Islam tidak hanya dilakukan dengan kata-kata bijak, tetapi juga bisa dilakukan dengan tulisan (qolam), seperti mengajarkan seni seperti kaligrafi ini misalnya. Keindahan yang tertuang dalam bentuk seni adalah bagian terpenting dari kebudayaan karena kesenian merupakan usaha atau daya akal pikiran naluriah manusia yang bersifat indah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana strategi komunikasi dakwah ustadz Junaidi Hafaz melalui media kaligrafi dalam meningkatkan minat belajar pada siswa MAS. Sumber Bungur Pakong Pamekasan ? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah ustadz Junaidi Hafaz melalui media kaligrafi dalam meningkatkan minat belajar siswa MAS. Sumber Bungur Pakong Pamekasan ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mendeskripsikan strategi komunikasi dakwah ustadz Junaidi Hafaz melalui media kaligrafi dalam meningkatkan minat belajar pada siswa MAS. Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 2). Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah ustadz Junaidi Hafaz melalui media kaligrafi dalam meningkatkan minat belajar siswa MAS. Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yakni memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1). Strategi komunikasi ustadz junaidi hafaz dalam meningkatkan minat belajar kaligrafi diawali dengan melakukan terobosan-terobosan baru pada bidang seni kaligrafi dilingkungan Madrasah agar mendapatkan hasil dan kualitas seni yang maksimal untuk para muridnya baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan bermasyarakat. 2). Faktor pendukung strategi komunikasi dakwah Ustadz Junaidi Hafaz diantaranya, siswa mudah dibimbing dengan baik, antusias dan kesungguhan terlihat nampak selama proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat strategi komunikasi tersebut diantaranya, kurangnya waktu pembelajaran yang membutuhkan banyak waktu untuk praktik, khususnya untuk siswa yang dapat dikatakan sebagai pemula.
Kata kunci : Strategi Kmunikasi Dakwah, Minat Belajar, Kaligrafi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190102 Art History
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190103 Art Theory
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Afifur Rahman
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:12
Last Modified: 13 Jul 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26272

Actions (login required)

View Item View Item