UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS SESUAI POLA DI KELOMPOK B PAUD DARUL FIKR JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Fatati, Brigita (2023) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS SESUAI POLA DI KELOMPOK B PAUD DARUL FIKR JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI BR1 - WATERMAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Brigita Fatati Ghonita, 2023: Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Motoroik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Kertas Sesuai Pola Di Kelompok B Paud Darul Fikr Jember Kidul Tahun 2021/2022.
Kata Kunci: Guru, Motorik Halus, Menggunting Kertas Sesuai Pola
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang diselenggarakan untuk mengembangkan keterampilan pendidikan dasar dan mengembangkan diri secara utuh. Salah satu kemampuan dasar yang dikembangkan pada Lembaga PAUD ini adalah kemampuan fisik motorik anak. Meningkatkan kemampuan motorik halus anak sangat memerlukan bantuan orang tua atau pembimbing untuk melatih dalam pertumbuhannya agar dapat berkembang dengan optimal. Gerakan- gerakan yang dilakukan oleh anak memerlukan pengulangan dan bantuan orang lain. Setiap pengulangan dalam keterampilan baru, memerlukan konsentrasi untuk melatih konektifitas dan kordinasi dengan indera lainnya.
Adapun fokus penelitian dalam hal ini yaitu (1) Bagaimana Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Kertas Sesuai Pola Pada Kelompok B di PAUD Darul Fikr Jember Tahun Ajaran 2021/2022?. (2) Bagaimana Kegiatan Menggunting Kertas Sesuai Pola Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di PAUD Darul Fikr Jember Kidul Tahun 2021/2022?.
Adapun tujuan penelitian ini, yaitu (1) Untuk Mendeskripsikan Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Kertas Sesuai Pola Pada Kelompok B Di PAUD Darul Fikr Jember Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Untuk Mendeskripsikan Kegiatan Menggunting Kertas Sesuai Pola Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di PAUD Darul Fikr Jember Tahun Ajaran 2021/2022
Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif analisis. Untuk memperoleh data yang valid peneliti memakai beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya data tersebut di proses dengan triangulasi sumber agar didapatkan data yang benar.
Adapun hasilnya antara lain: (1) Guru berusaha memberikan kegiatan menggunting kertas secara rutin yaitu tiga kali sehari dengan beberapa macam pola seperti zigzag, miring, lurus hingga yang berbelok-belok. Bagi anak-anak yang masih belum bisa guru tetap berusaha semaksimal mungkin dengan kesabaran yang sangat ekstra dan bisa menyatukan otak dengan gerakan pada tangannya. (2) Hasil potongan semakin rapi di setiap pertemuan, cara menggunting semakin teliti dan fokus terhadap benda yang digunting agar hasilnya rapi dan tepat, mampu memadukan beberapa fungsi tubuh seperti otak, mata dan gerakan tangan pada saat menggunting kertas berpola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Brigita Fatati
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:09
Last Modified: 11 Jul 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26273

Actions (login required)

View Item View Item