Meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan puzzle angka dan huruf pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Fattah Panti Jember tahun pelajaran 2022/2023

LESTARI, AYU (2023) Meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan puzzle angka dan huruf pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Fattah Panti Jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
'SKRIPSI AYU LESTARI FIX NEWWWW.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Kognititf, Puzzle
Kemampuan kognitif adalah bentuk perkembangan dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajarnya, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecah masalah, mengelompokkan serta mempersiapkan pengembangan kemampuan berpikir teliti. Salah satu permainan yang dapat mengembangkan perkembangan kognitif adalah permainan puzzle angka dan huruf, permainan puzzle adalah salah satu permainan yang membutuhkan ketelitian, melatih anak untuk memusatkan pikiran karena harus berkonsentrasi ketika menyusun kepingan-kepingan puzzle sehingga menjadi gambar yang utuh yang dapat mengasah kemampuan anak dalam memecahkan ragam masalah. Berdasarkan pra penelitian yang di lakukan di RA Al Fattah Panti Jember pada anak usia 5-6 tahun kemampuan kognitif pada anak masih belum berkembang secara optimal oleh karena itu diperlukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bidang angka, huruf dan warna pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Fattah Panti Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle angka dan huruf pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Fattah Panti Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan puzzle dapat meningkatkan kognitif anak dalam bidang angka, huruf dan warna, dan bagaimana evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle angka dan huruf pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Fattah Panti Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan melalui permainan puzzle dalam bidang angka, huruf dan warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak di RA Al Fattah Panti dilaksanakan dengan beberapa langkah 1) guru menyiapkan alat atau bahan pembelajaran 2) guru memberikan pengarahan dan aturan permainan 3) guru menjelaskan cara bermain dan membentuk 6 kelompok 4) guru memulai permainan 5) guru mengawasi anak bermain 6) guru memberikan evaluasi dan penilaian. Meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bidang warna melalui permainan puzzle angka dan huruf yaitu guru menjelaskan cara bermain puzzle dan mengajarkan warna apa saja yg harus terlebih dahulu di urutkan. Evaluasi yang digunakan yaitu checklist, anekdot dan hasil karya dengan melihat capaian perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ayu Lestari
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:08
Last Modified: 11 Jul 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26280

Actions (login required)

View Item View Item