Implementasi Program Tilawah al-Qur'an Bagi Para Penghafal al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember

Febriyanto, Mohammad Haqiqi (2033) Implementasi Program Tilawah al-Qur'an Bagi Para Penghafal al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
skripsi revisi sidang haqiqi WATER MARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Tilawah al-Qur’an merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember guna untuk melatih seni bacaan santri, supaya bacaan yang dilantukan agar lebih indah, dengan cara mengimplementasikan lagu tilawah terhadap ayat-ayat al-Qur’an. Progrm tilawah al-Qur’an dilaksanakan satu minggu sekali pada jam 15:00 (ba’da ashar) yang wajib di ikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember
Fokus permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program tilawah al-Qur’an bagi para penghafal al-Qur’an dipondok pesantren tahfidz nurul qodiri jelbuk-jember. 2) Bagaimana implikasi program tilawah al-Qur’an terhadap kualitas hafalan para penghafal al-Quran di pondok pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk-Jember. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan program tilawah al-Qur’an dipondok pesanntren Tahfidz Nurul Qodiri dan mendeskripsikan implikasi program tilawah al-Qur’an terhadap kualitas hafalan para penghafal al-Quran di pondok pesantren tahfidz nurul qodiri. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut.
peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan teknik studi kasus yang bersifat deskriptif, menganalisis proses pelaksanaan program tilawah al-Qur’an untuk para penghafal al-Qur’an di pondok pesantren Tahfidz Nurul Qodiri Jelbuk Jember. Adapaun teknik pengumpulan data menggunakan observasi terang-terangan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) metode yang digunakan meggunakan metode demonstrasi. 2) mengirim voice note maqra’ yang akan dipelajari semalam sebelum kegiatan tilawah dilaksanakan. 3) maqra’ tilawah al-Qur’an terbagi menjadi dua yaitu maqra’ formal dan maqra’ non formal. 4) cara melatih getaran suara dengan cara bersenandung dan untuk melatih nafas degan cara lari dan renang. 5) media yang digunakan berupa buku 6) faktor pendukung, sarana dan prasarana, kemauan yang kuat, kualitas guru, pembelajaran diselingi dengan cerita dan motivasi, suara dan nafas. 7) faktor penghambat, kenakalan santri, kurangnya latihan suara, kesulitan dalam pemahaman lagu. 8) evaluasi dalam kegiatan ini berupa tes langsung. Implikasi dari program tilawah ini adalah 1) penggunaan lagu yang bervariasi 2) dapat berkontribusi pada event MTQ 3) menambah kualitas hafalan pada aspek kelancaran

Kata kunci : Implementasi, Program Tilawah, Penghafal al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Mohammad Haqiqi Febriyanto
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:12
Last Modified: 11 Jul 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26283

Actions (login required)

View Item View Item