MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI EKSPERIMEN RAINBOW WALKING WATER PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-HIDAYAH III GEBANG JEMBER TAHUN AJARAN 2022-2023

uin khas, Tasya Oktaviana (0003) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI EKSPERIMEN RAINBOW WALKING WATER PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-HIDAYAH III GEBANG JEMBER TAHUN AJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI TASYA OKTAVIANA WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tasya Oktaviana Praptiantika, 2023. Meningkatkan Kemampuan Sains melalui
Eksperimen Rainbow Walking Water pada Anak Kelompok B di TK Al-
Hidayah III Gebang Jember Tahun Ajaran 2022-2023.
Kata Kunci: Kemampuan Sains, Eksperimen Rainbow Walking Water
Kemampuan sains merupakan kemampuan untuk mempelajari dan menguasai
lingkungan alam sekitar yang diperoleh melalui proses mengenal, mengamati dan
melakukan percobaan atau eksperimen. Salah satu kegiatan untuk meningkatkan
kemampuan sains pada anak kelompok B di TK Al-Hidayah III Gebang Jember
tahun ajaran 2022-2023 dengan eksperimen rainbow walking water. Eksperimen
rainbow walking water (air pelangi berjalan) adalah salah satu eksperimen yang
berkaitan dengan pencampuran warna melalui prinsip kapilarisaisi.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana meningkatkan
kemampuan sains melalui eksperimen rainbow walking water pada anak
kelompok B di TK Al-Hidayah III Gebang Jember tahun ajaran 2022-2023? 2)
Apakah kegiatan eksperimen rainbow walking water mampu meningkatkan
kemampuan sains pada anak kelompok B di TK Al-Hidayah III Gebang Jember
tahun ajaran 2022-2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1)
Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangukasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Kegiatan untuk meningkatkan
kemampuan sains anak kelompok B di TK Al-Hidayah III Gebang Jember tahun
ajaran 2022-2023 adalah melalui eksperimen rainbow walking water yang
meliputi pengenalan warna primer menjadi sekunder dan melakukan percobaan
eksperimen rainbow walking water, dan 2) Kemampuan sains pada anak
kelompok B di TK Al-Hidayah III Gebang Jember tahun ajaran 2022-2023 dalam
kegiatan eksperimern raibow walking water terjadi peningkatan yang sebelumya
dalam aspek mengenal warna : 8 anak MB dan 9 anak BSH setelah dilakukan
eksperimen menjadi 4 anak BSH dan 13 anak BSB, dan aspek eksperimen sains
sebelumnya 10 anak MB dan 7 anak BSH setelah dilakuakn eksperimen menjadi 3
anak BSH dan 14 anak BSB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200206 Globalisation and Culture
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200304 Central and Eastern European Languages (incl. Russian)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200312 Japanese Language
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Perpustakaan Tasya Otaviana
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:11
Last Modified: 11 Jul 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26285

Actions (login required)

View Item View Item