Implementasi Pendidikan Berbasis Semi Militer terhadap Karakter Kedisiplinan Peserta didik di SMA Diponegoro Panti Jember

Multazam, Khoirul Yahya (2023) Implementasi Pendidikan Berbasis Semi Militer terhadap Karakter Kedisiplinan Peserta didik di SMA Diponegoro Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI YAHYA Fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia mempunyai banyak variasi dan metode yang digunakan. Metode dalam pendidikan tersebut digunakan guna mencapai tujuan dalam pendidikan. Perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah pesat, dan mengalami perubahan yang cukup signifikan dari zaman ke zaman. Pada zaman sekarang ini pendidikan masuk dalam era 4.0 dimana tuntutan untuk cakap teknologi dan menguasai perkembangan IT sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran yang tidak tertinggal oleh zaman. Karena setiap perubahan zaman dan segala sesuatu yang dibawa dibidang apapun. Pendidikan harus bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada, bahkan penerapannya harus terancang dan tersusun secara sistematis dalam perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Prota dan Promes.
Selain itu banyak model-model pendidikan yang digunakan di Indonesia salah satunya seperti pendidikan berbasis semi militer. Model ini merupakan integrasi antara pendidikan yang klasik dengan pendidikan militer. Yang dimaksud dalam pendidikan semi militer disini, dimana adanya penekanan terhadap siswa melalui peraturan baik itu tertulis maupun tidak tertulis yang disertakan dengan konsekuensinya. Pendidikan ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa, karakter disiplin, jiwa nasionalisme dan jiwa kepemimpinan.
Pendidikan berbasis semi militer ini telah diterapkan di salah satu sekolah yaitu SMA Diponegoro Panti Jember. Fokus pada penelitian ini adalah 1). Bagaimana implementasi pendidikan berbasis semi militer terhadap karakter kedisiplinan peserta didik di SMA Diponegoro Panti Jember? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan berbasis semi militer terhadap karakter kedisiplinan peserta didik di SMA Diponegoro Panti Jember? penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan secara purposive dengan tehknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehknik analisis data yang dilakukan sesuai teoti Miles Huberman yakni: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di uji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dalam penelitian ini bahwasanya pendidikan berbasis semi militer sangat efektif untuk diterapkan di lembaga sekolah khususnya di SMA Diponegoro Panti Jember. Melihat dari output yang dihasilkan dari penerapan ini yaitu terbentuknya karakter disiplin baik itu siswa, guru maupun warga sekolah yang lain. Penerapan ini dilakukan dengan cara membuat ketentuan dan peraturan lembaga yang harus ditaati oleh seluruh warga sekolah. Membuat sanksi tertulis maupun tidak tertulis. Serta melalui pembiasaan dalam pembelajaran yang dituang kedalam perangkat pembelajaran. faktor pendukung dan penghambatnya cukup signifikan namun bisa diatasi oleh guru melalui musyawarah dan evaluasi di setiap bulan dalam pertemuan rutin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr. Khoirul Yahya Multazam Uinkhasjbr
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:03
Last Modified: 11 Jul 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26295

Actions (login required)

View Item View Item