UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MELALUI METODE AT-TADWIR SANTRI SIFFIR A MADRASAH AL-QUR'AN SUNAN AMPEL JOMBANG-JEMBER

Nur, Aminin (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MELALUI METODE AT-TADWIR SANTRI SIFFIR A MADRASAH AL-QUR'AN SUNAN AMPEL JOMBANG-JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nur Aminin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an masih dianggap sebagai bacaan yang biasa dan tidak menekankan tajwid serta makhorijul huruf yang benar, Oleh karena itu dibutuhkan metode yang dapat meningkatkan kemampuan santri. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan santri dalam membaca al-qur’an yakni metode at-Tadwir. Fokus pada penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi membaca Al-Qur’an melalui metode at-Tadwir Santri Siffir A di Madrasah Al-Qur’an Sunan Ampel Jombang-Jember. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model Milles, Huberman, Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pada uji keabsahan data emnggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu (1)Kemampuan Santri dalam Membaca Al-Qur’an santri Siffir A di Madrasatul Qur’an Sunan Ampel Jombang Jember sangat bagus dan bisa dibilang sangat lancar meskipun santri yang berada dalam siffir A termasuk santri yang masih bersekolah dengan jenjang MI/SD.(2)Penerapan Metode At-Tadwir dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an santri Siffir A di Madrasatul Qur’an Sunan Ampel Jombang Jember melalui tiga tahap yakni ada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (3)Langkah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode at-Tadwir yaitu a)saat pembelajaran berlangsung santri cukup mampu membaca Al-Qur’an saja tapi tidak memperhatikan tajwid dan makhorijul hurufnya. b)kemudian setelah diterapkannya metode at tadwir disetiap pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menekankan tajwid dan makhorijul huruf sudah mulai meningkat baik. c)setelah melalui ketiga tahap diatas dan menerapkan metode at tadwir dalam setiap pembelajaran al-qur’an kemampuan santri dilihat melalui nilai raport yang ada dengan hasil yang meningkat dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Nur Aminin Amin
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:50
Last Modified: 11 Jul 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

View Item View Item