Penerapan Metode Muroja‘ah dalam Menghafal Al-Qur‘an di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember

Holisah, Holisah (2023) Penerapan Metode Muroja‘ah dalam Menghafal Al-Qur‘an di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Holisah_T20171186.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran tahfidz di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember menggunakan metode Muroja’ah agar hafalan santri tetap terjaga dan terpelihara dengan baik, yakni dari segi tajwid, makhraj, fashaha maupun tahsinnya. Metode muroja’ah sangat efektif digunakan untuk menghafal Al-Qur’an dengan cara mengulang ulang hafalan yang telah di hafalkan agar tidak hilang dari ingatan dengan harapan dipergunakannya metode muroja’ah ini santri lebih mudah dalam menghafal serta mampu meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an.
Fokus penelitian ini ialah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Muroja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember? 2) Bagaimana Evaluasi Dalam Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Muroja’ah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember?
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk Mendeskripsikan Metode Muroja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember? 2) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Dalam Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Muroja’ah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, menyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penerapan Metode Muroja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an yaitu Dalam penerapan metode muroja’ah di pondok pesantren Al-Ishlah menerapkan 1 pentashih 5 anak dan juga minimal menghafal 1 kaca setiap harinya dan terdapat buku setoran hafalan. 2) Evaluasi Dalam Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Muroja’ah yaitu Evaluasi dalam menghafal Al-Qur’an dilakukan sebanyak 3 kali, evaluasi harian dengan melihat buku setoran hafan, evaluasi akhir bulan dengan membaca hasil perolehan hafalan dan ada lembar. penilaiannya sendiri dan juga ada evaluasi akhir tahun yang diuji dengan sambung ayat atau membaca ayat secara ayat bahkan ditanya surat dan ayat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Holisah Holisah
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:40
Last Modified: 12 Jul 2023 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26308

Actions (login required)

View Item View Item