PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MAULANA ISHAQ PASIR PUTIH SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MA'RIFAH, MAZIDATUL (2023) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MAULANA ISHAQ PASIR PUTIH SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MAZIDATUL MA’RIFAH _T20181232.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mazidatul Ma’rifah, 2023, penerapan pendekatan open ended pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII di Sekolah menengah Pertama (SMP) maulana ishaq pasir putih situbondo tahun pelajaran 2022-2023
Kata Kunci : Pendekatan, Open Ended, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maulana Ishaq Situbondo
Perkembangan strategi pembelajaran akan mengalami dinamika perubahan dari waktu ke waktu. tergantung dari kondisi dan karakteristik siswa yang di ajar, pendidik harus mampu memperhatikan dalam pemilihan strategi pembelajaran karena nantinya akan menentukan seberapa efektif dalam proses belajar mengajar berlangsung, seperti salah satu sekolah di kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, bernama SMP Maulana Ishaq Pasir Putih Situbondo terdapat model pembelajaran Open Ended yaitu pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, pendidik menerapkan model pembelajaran tersebut karena di anggap pendekatan pembelajaran sebelumnya yaitu metode ceramah sudah tak efektif yaitu mengalami rasa bosan, dan tidak memahami penjelasan materi yang telah dijelaskan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendekatan Open Ended pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maulana Ishaq Pasir Putih Situbondo. 2) Bagaimana penerapan pendekatan Open Ended pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maulana Ishaq Pasir Putih Situbondo. 3) Bagaimana evaluasi pendekatan Open Ended pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maulana Ishaq Pasir Putih Situbondo.
Metode Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partsipasi pasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif, model interatif Miles Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu, 1) Perencanaan pendekatan Open Ended kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agana Islam dan Budi Pekerti diantaranya meliputi: penyajian masalah,mendesain pelajaran, 2) Pelaksanaan pendekatan Open Ended kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agana Islam dan Budi Pekerti membahas tentang proses belajar mengajar dengan memperhatikan dan mencatat respon peserta didik, membimbing dan mengarahkan peserta didik. 3) Evaluasi Open Ended kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agana Islam dan Budi Pekerti berisi tentang menarik kesimpulan ketika proses belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mazidatul Ma'rifah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:57
Last Modified: 11 Jul 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26309

Actions (login required)

View Item View Item