IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIKMAH TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER

Diana, Sophya (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIKMAH TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Acmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI_DIANA_SOPHYA[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Aqidah Akhlak

Pendidikan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia fokus utama dalam proses pembelajarannya yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berbunyi bahwa aspek yang menjadi standar pencapaian siswa meliputi nilai agama, pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional. Akan tetapi perilaku menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan secara optimal, bahkan gagalnya pendidikan bukan hanya tentang kecerdasan otak dalam berfikir melainkan dalam bertingkah laku.
Konteks Penelitian dalam hal ini yaitu (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran Aqidah Akhlak Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember? (2) Bagaimana kendala yang dihadapi dari implementasi pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran Aqidah Akhlak Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember?
Tujuan pada penelitian ini yaitu (1) Untuk Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran Aqidah Akhlak Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember. (2) Untuk Mendeskripsikan kendala yang dihadapi dari implementasi pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran Aqidah Akhlak Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis secara interaktif sesuai dengan langkah-langkah dari Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran aqidah akhlak dimulai pada awal memasuki kelas, ustadzah memasuki kelas tepat waktu dan selalu berpakaian rapi, ustadzah meminta semua siswa untuk berdiri agar ustadzah dapat melihat pakaian siswa yang rapi atau berantakan, ustadzah meminta untuk duduk kembali dan dibuka dengan doa bersama. Pada bagian ini ustadzah menjelaskan materi dengan metode demonstrasi yaitu menjelaskan dan memperagakan materi yang dibahas, ustadzah juga meminta kepada siswanya apabila ada yang melanggar satu kali maka wajib membaca surat-surat pendek di depan kelas, jika melakukannya lagi maka siswa tersebut harus memaparkan materi yang sudah dipelajari sebelumnya di depan kelas. Setelah pemaparan selesai, ustadzah memberikan tugas dan siswa dilarang menyontek karena hal itu melanggar peraturan. Terakhir ustadzah menutup proses pembelajaran dengan doa bersama. (2) Terdapat kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu ada dua faktor. Pertama dari siswa itu sendiri. Kedua yaitu dari lingkungan sekitar yang berada di kawasan pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Diana Sophya
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:24
Last Modified: 11 Jul 2023 04:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26310

Actions (login required)

View Item View Item