STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS

SOFYAN, MOCH. ABU (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
hard.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
MOCH. ABU SOFYAN, 2023 : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Budaya Religius di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan.
Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Budaya Religius.
Permasalahan yang muncul saat guru mengajar di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan adalah merubah karakter peserta didik. Peserta didik tidak mampu mengatasi dampak globalisasi sehingga banyak melakukan penyimpangan-penyimpangan perilaku. Penyimpangan tersebut antara lain kurangnya dalam menghormati guru seperti tidak permisi ketika berjalan di depan guru, ramai saat waktu pelajaran, terlambat sekolah, dan ketahuan membawa miras. Oleh karena itu SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan membuat program budaya religius.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk budaya religius melalui pembiasaan di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan ? 2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk budaya religius melalui keteladanan di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan ? 3) Bagimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk budaya religius melalui kemitraan di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan ?
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk : 1) Mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Budaya Religius melalui pembiasaan d SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan. 2) Mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Budaya Religius melalui keteladanan di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan. 3) Mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Budaya Religius melalui kemitraan di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian file research. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Dalam membentuk budaya religius siswa di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan, guru Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi dengan melakukan pembiasaan. Pembiasaan yang dilakukan berupa sholat dhuha berjamaah, membaca Al-Qur’an, berdo’a sebelum dan sesudah belajar. 2) Dalam membentuk budaya religius siswa di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan, guru Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi dengan melakukan keteladanan. Keteladanan yang dilakukan oleh ketika berjabat tangan dengan peserta didik harus saling senyum, salam, sapa (3S) dan untuk guru perempuan memberikan contoh memakai jilbab agar dapat ditirukan oleh semua siswinya. 3) Dalam membentuk budaya religius siswa di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan, guru Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi dengan melakukan kemitraan. Kemitraan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kraton Pasuruan ini semua warga sekolah mengikuti kegiatan seperti jumat sehat, jumat bersih, jumat sedekah, dan jumat religi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: MOCH. ABU SOFYAN
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:06
Last Modified: 11 Jul 2023 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26311

Actions (login required)

View Item View Item