Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Program Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Dasar Negeri 02 Malangsuko Kabupaten Malang

Muchlis, Muhammad (2023) Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Program Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Dasar Negeri 02 Malangsuko Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
MUHAMMAD MUCHLIS_T20191446.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode ODOA (One Day One Ayat) ialah salah satu alternatif untuk melatih peserta didik agar terbiasa dengan bacaan Al-Qur’an setiap harinya. SDN 02 Malangsuko menerapkan metode ini melalui ekstrakurikuler keagamaan untuk memudahkan peserta didik dalam proses menghafal Al-Qur’an. SDN 02 Malangsuko menjadi sorotan karna menjadi sekolah dasar menggunakan metode ODOA se-Kecamatan Tumpang Kelurahan Malangsuko.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode ODOA (One Day One Ayat) dalam program ekstrakurikuler keagamaan di SDN 02 Malangsuko Kabupaten Malang? 2) Bagaimana efektivitas metode ODOA (One Day One Ayat) dalam program ekstrakurikuler keagamaan di SDN 02 Malangsuko Kabupaten Malang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui implementasi metode ODOA (One Day One Ayat) dalam program ekstrakurikuler keagamaan di SDN 02 Malangsuko Kabupaten Malang, 2) untuk mengetahui efektivitas metode ODOA (One Day One Ayat) dalam program ekstrakurikuler keagamaan di SDN 02 Malangsuko Kabupaten Malang.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah ibu Anik Wasilah selaku kepala sekolah, bapak Abdul Rozaq selaku guru PAI, ibu Fauzah Yunita selaku pembimbing, dan Abdullah Aqira Syadid dan Muhammad Ferdi selaku peserta didik di SD Negeri 02 Malangsuko yang menjadi informan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian yang telah diperoleh yakni: 1) Langkah-langkah yang diterapkan, dimulai dengan menulis satu ayat di papan, ayat dibaca sepenggal demi sepenggal, tulisan papan dihapus, pendidik mencotohkan kembali dan diakhiri dengan mengulangi hafalan yang telah dibaca, kelebihannya mudah dipahami dan kekurangannya terlalu memakan waktu, program dilaksanakan dalam 30 menit, 2) Keefektifan program ODOA (One Day One Ayat) diukur dengan hasil tabel perkembangan hafalan peserta didik yang sesuai dengan tujuan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Muchlis
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:23
Last Modified: 11 Jul 2023 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26312

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item