Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Rumpun PAI Di MA Darul Ulum Muncar Tahun Ajaran 2022/2023

Mukarromah, Lailyyatul (2023) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Rumpun PAI Di MA Darul Ulum Muncar Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Lailyyatul mukarromah skripsi .pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Lingkungan, belajar, hasil belajar.
Lailyyatul Mukarromah, 2023: Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023.
Manusia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan. Lingkungan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Lingkungan selalu mengitari manusia dari waktu ke waktu, sehingga antara manusia dan lingkungan terdapat hubungan timbal balik dimana lingkungan mempengaruhi manusia dan sebaliknya manusia juga mempengaruhi lingkungan. Lingkungan juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada pengaruh antara lingungan dan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: Adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: Menguji pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa.
Pendekatan yang dilaukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang berfokus pada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Dengan penelitian asosiatif ini maka akan dapat dibangun teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala. Jumlah sample yakni 44 siswa 20% dari jumlah populasi keseluruhan siswa. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan dokumentasi dan angket. Dalam penelitian ini diuji dengan korelasi product moment.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi yaitu 0,26. Dari nilai tersebut memberikan informasi bahwa korelasi antara variabel lingkungan belajar dengan hasil belajar sebesar 0,26. Hal ini berarti terjadi pengaruh antara hasil belajar dengan lingkungan belajar karena (r> 0,05) maka hipotesis yang berbunyi HI “Adanya pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI MA Darul Ulum Muncar”, diterima dan HO yang berbunyi ”Tidak adanya pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar siswa MA Darul Ulum Muncar”, ditolak. Jadi bisa disimpulkan bahwa terdapat penharuh besar antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Lailyyatul Mukarromah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:42
Last Modified: 11 Jul 2023 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26320

Actions (login required)

View Item View Item