Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Annisa, Firdaous Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. [Laporan Penelitian]

[img] Text
SKRIPSI ANNISAAA WATERMARK.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan salah satu pembelajaran yang membahas menganai kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Dalam pelaksanaan pembelajaran biologi memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan peserta didik. Salah satu kurikulum yang telah atau sedang diterapkan adalah kurikulum merdeka. kurikulum merdeka diharapkan bisa melatih bakat serta minat atas berbagai keterampilan yang dimiliki oleh siswa terutama pada literasi dan aspek lainnya sehingga menghasilkan kompetensi lulusan yang bermutu dalam menghadapi pendidikan di era Abad ke-21. Pada pembelajaran sekarang siswa dituntut harus bisa menguasai berbagai keterampilan abad ke-21 salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan kolaborasi. Hasil observasi di SMAN Umbulsari menunjukkan bahwa saat pembelajaran guru masih cenderung menggunakan model konvensional sehingga peserta didik kurang berpartisipasi yang dapat mengakibatkan kurangnya minat dan motivasi peserta didik untuk belajar, hal ini berdampak juga dengan hasil belajar peserta didik yang relatif lebih rendah. Model Problem-Based Learning (PBL) cocok dalam mendukung kurikulum merdeka yang dimana pembelajarannya berbasis kepada suatu masalah.
Tujuan Penelitian ini yaitu :1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada materi ekosistem kelas X di SMAN Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem kelas X di SMAN Umbulsari Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian Nonquivalent group posttest only design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X5 sebagai kelas kontrol dan kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 72 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Z.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa materi ekosistem kelas X di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Uji Z sebesar 0,014. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa materi ekosistem kelas X di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Uji Z sebesar 0,001.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Annisa Firdous
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:42
Last Modified: 12 Jul 2023 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26321

Actions (login required)

View Item View Item