IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NAFISA NAZILATUL, QOIRIYAH (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NAFISA FIKSSSSSSS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti perlu adanya inovasi pembelajaran agar pembelajaran lebih bermakna. Salah satu inovasi metode pembelajaran PAI yang diterapkan di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi yakni metode cooperative learning tipe group investigation untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, sebab metode ini menerapkan langkah untuk siswa lebih aktif dan berfikir kritis.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode cooperative learning tipe group investigation kelas IX di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode cooperative learning tipe group investigation kelas IX di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode cooperative learning tipe group investigation kelas IX di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi ?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode cooperative learning tipe group investigation kelas IX di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode cooperative learning tipe group investigation kelas IX di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode cooperative learning tipe group investigation kelas IX di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Perencanaan pembelajaran: a) Guru menentukan tujuan metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dan tujuan kompetensi, b) Guru menetapkan materi Menelusuri Tradisi Islam Nusantara, c) Guru memilih sumber belajar yaitu buku paket dan internet, media pembelajaran dengan audio mp3, d) Guru menetapkan metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation, (2) Pelaksanaan pembelajaran: a) Guru membuka pelajaran diawali dengan salam, doa, motivasi, dan apersepsi, b) Guru menyampaikan materi secara singkat dilanjutkan melalui media audio mp3, c) Guru menerapkan metode cooperative learaning tipe group investigation sesuai dengan sintaksnya, d) Guru menutup pelajaran dengan refleksi materi, ditutup dengan doa dan salam. (3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode cooperativeleaning tipe group investigation melalui tekhnik test lisan dan uraian dan non test melalui observasi dan skala sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NAFISA NAZILATUL QOIRIYAH
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:04
Last Modified: 11 Jul 2023 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26322

Actions (login required)

View Item View Item