MENDIDIK ANAK DALAM AL-QUR'AN SURAH ALI IMRAN AYAT 35-37 (Kajian Tafsir Lisan Adi Hidayat)

Wardatus, Sholeha (2023) MENDIDIK ANAK DALAM AL-QUR'AN SURAH ALI IMRAN AYAT 35-37 (Kajian Tafsir Lisan Adi Hidayat). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatus Sholeha_U20191027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wardatus Sholeha, 2023: Mendidik Anak dalam Al-Qur’an Surah Ali Imran Ayat 35-37 (Kajian tafsir Lisan Adi Hidayat)

Kata Kunci: mendidik, QS Ali Imran, tafsir lisan

Al-Qur’an sebagai sumber ajaran Islam diturunkan untuk menjelaskan banyak hal. Pendidikan anak juga termasuk salah satu pembahasan yang ada di dalam Al-Qur’an. Namun masih banyak orang tua yang belum menyadari bahwa Al-Qur’an telah menyiapkan metode terbaik untuk mengasuh dan mendidik anak. Salah satu contoh yang dapat diteladani adalah cara Imran dan istrinya, Hannah mendidik Maryam menjadi seorang wanita yang mulia. Penelitian ini mengangkat kisah keluarga Imran yang terdapat pada surah Ali Imran ayat 35-37 menggunakan penafsiran lisan Adi Hidayat melalui media sosial YouTube. Dalam ceramahnya, Adi Hidayat penyampaikan bahwa mendidik anak dimulai sejak anak berada dalam kandungan ibunya. Penafsiran yang disampaikan Adi Hidayat juga sesuai dengan pendapat para ahli pendidikan dalam mendidik anak.
Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada 1) Bagaimana penafsiran Adi Hidayat tentang cara mendidik anak dalam Al-Qur’an Surah Ali Imran ayat 35-37 di media sosial YouTube? 2) Bagaimana karakterisitk kelisanan dalam penafsiran Adi Hidayat dalam Al-Qur’an Surah Ali Imran ayat 35-37? Adapun tujuan penelitian ini 1) Untuk menjelaskan tafsir lisan Adi Hidayat tentang cara mendidik anak dalam Al-Qur’an Surah Ali Imran ayat 35-37. 2) Untuk mendeskripsikan karakteristik kelisanan dalam penafsiran lisan Adi Hidayat dalam Al-Qur’an Surah Ali Imran ayat 35-37.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan etnografi virtual, yakni teknik pengumpulan data secara online sebagai ganti dari hasil wawancara di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan dokumen berupa beberapa video dan data dari kepustakaan berupa buku, jurnal atau artikel. Ananlisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Adi Hidayat menyampaikan bahwa mendidik anak dimulai sejak dalam kandungan dan yang perlu dilakukan orang tua adalah ikhlas dalam menerima kelahiran anak serta kompak dalam mendidik dan membesarkan anak termasuk juga memilih guru dan tempat pendidikan terbaik untuk anaknya. 2) Penafsiran Adi Hidayat memiliki lima dari sembilan karakteristik kelisanan yang ditawarkan oleh Walter J. Ong, yakni aditif ali-alih subordinatif, berlebih-lebihan atau panjang lebar, dekat dengan kehidupan sehari-hari, empatif atau partisipatif daripada berjarak objektif dan bergantung daripada abstrak. Dalam menyampaikan penjelasan, Adi Hidayat banyak menggunakan contoh kehidupan sehari-harinya atau berdasarkan pengalaman pribadinya yang tak lain juga termasuk pada karakteristik kelisanan, yakni dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Wardatus Sholeha Wardah
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:06
Last Modified: 11 Jul 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item