PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SANTRI ANGGOTA IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA SEBAGAI UPAYA MENOLAK PAHAM RADIKALISME DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN JEMBER PERIODE 2022/2023

FAIZATUL, HIMMAH (2023) PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SANTRI ANGGOTA IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA SEBAGAI UPAYA MENOLAK PAHAM RADIKALISME DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN JEMBER PERIODE 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Acmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI_FAIZATUL_HIMMAH_2023[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari peristiwa munculnya kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikalisme, yang melibatkan para anak muda usia pelajar menunujukkan bahwa gerakan atau kelompok radikal yang mengatas namakan Islam menjadikan generasi muda pelajar sebagai target utama sebagai kaderisasi paham radikal. Peneliti ini bertujuan untuk mengtahui kontribusi para pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam menangkal radikalisme di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: bagaimana pandangan, kebijakan, dan program Pengurus Santri Anggota IPNU IPPNU dalam menangkal paham radikalisme di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren? Tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan pandangan, Kebijakan dan Program Pengurus Santri Anggota IPNU IPPNU dalam menangkal paham Radikalisme.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, melalui pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul UlamA,dokumen-dokumen Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, Observasi dan dokumentasi.Untuk analisis datanya menggunakan data reduction, data display dan verivication. Sedangkan untuk mengukur keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 Pandangan pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Pondok Pesantren Miftahul Ulum tentang radikalisme adalah paham bagi mereka yang mengedepankan kebenaran kelompoknya sendiri dan melakukan aksi terorisme dan kekerasan kepada mereka yang berbeda pemahaman. (2) kebijakan terkait radikalisme yaitu menjadi benteng dan juga menjadi aktor dalam menintenalisasikan nilai-nilai agama yang lebih moderat . (3) program yang dilakukan diantaranya kontra radikalisasi dan deradikalisasi dalam upaya pencegahan paham radikalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Himmah Faizatul
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:43
Last Modified: 11 Jul 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26332

Actions (login required)

View Item View Item