PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM SUKOSARI KUNIR LUMAJANG

Ningtyas, Novianti Triutami (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM SUKOSARI KUNIR LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOVIANTI TRIUTAMI NINGTYAS_T20191038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Novianti triutami Ningtyas, 2023, Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama
Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Sukosari Kunir
Lumajang.
Kata Kunci : Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Madrasah Tsanawiyah
Wahid Hasyim Sukosari Kunir Lumajang
Indonesia merupakan negara dengan keragaman etnis, suku, budaya, bahasa, dan agama. Dengan banyaknya keragaman memiliki potensi besar untuk memecah belah masyarakat. Data-data hasil penelitian mengungkapkan bahwa upaya penolakan terhadap NKRI, menolak pancasila, intoleransi, dan kekerasan kini mulai memaparkan anak-anak sekolah SMP/SMA. Untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut, maka perlu adanya penanaman nilai-nilai moderasiberagama pada siswa.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan pembelajaran pada siswa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Sukosari Kunir Lumajang?. (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui interaksi di lingkungan Madrasah Tsanawiyah WahidHasyim Sukosari Kunir Lumajang?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penanaman nilai-nilai moderasi beragama diterapkan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan yakni obsevasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, dalam keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan pembelajaran pada siswa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Sukosari Kunir Lumajang dilaksanakan dengan cara memberi pemahaman kepada siswa berupa materi-materi yang berkaitan dengan nilai-nilai moderasi beragama
yang terdapat pada mata pelajaran SKI, Al-Qur‟an Hadis, Fikih, Aqidah Akhlakdan PPKN. (2) Penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui interaksi di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Sukosari Kunir Lumajang dilaksanakan dengan mengadakan program atau kegiatan-kegiatan seperti dalam aspek nasionalisme misalnya rutin melaksanakan upacara bendera setiap harisenin, memperingati hari besar nasional, mewajibkan berbahasa Indonesia dengan guru, menonton bersama film-film bersejarah dan study tour ke tempat-tempat bersejarah. Sementara itu, dalam aspek toleransi misalnya melalui pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, istighasah, merayakan hari besar Islam, bakti sosial, HARLAH lembaga. Dalam aspek anti kekerasan seperti adanya buku catatan pelanggaran bagi siswa yang bermasalah dan dan layanan bimbingan konseling bagi siswa. Adapun dalam aspek akomodatif terhadap budaya lokal seperti memakai pakaian adat,pentas seni, albanjari/hadrah, dan ekstrakulikuler kesenian tari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novianti Triutami Ningtyas
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:20
Last Modified: 11 Jul 2023 06:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26333

Actions (login required)

View Item View Item