Pengembangan Media Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Wuluhan Jember

Mauludvia, Silvi Lailatul (2023) Pengembangan Media Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVILAILATUL MAULUDVIA_T20194056-1.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Silvi Lailatul Mauludvia, 2023: Pengembangan Media Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Tanjungrejo.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Tiga Dimensi

Media dapat memudahkan dalam menjelaskan isi materi pada proses pembelajaran berlangsung dan menbantu siswa untuk lebih memahami isi materi yang sedang dipelajari. Dengan menggunakan media kegiatan proses pembelajaran banyak memiliki variasi yang beragam. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media tiga dimensi. Mi Al Hikmah merupakan lembaga pendidikan yang masih baru berdiri sekitar 10 tahun sehingga masih sedikit media yang digunakan dalam peroses pembelajaran.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: untuk menguji keefektifan media pembelajaran tiga dimensi pada pembelajaran tematik pokok pembahsan macam-macam cuaca kelas III MI Al Hikmah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menghasilkan media pembelajaran tiga dimensi pada pembelajaran tematik kelas III MI Al Hikmah. 2) untuk mengetahui efektifitas media tiga dimensi pada pembelajaran tematik kelas III MI Al Hikmah.
Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) Angket; 4) Tes; 5) Dokumentasi.
Hasil penelitian memperoleh kesimpulan 1) Hasil validitas media tiga dimensi dibuktikan dengan uji validitas yang dilakukan oleh 2 validator, yaitu validasi media dan validasi materi. Rata-rata hasil presentase validasi oleh 2 ahli diperoleh rata-rata 85% yang artinya media tiga dimensi dikategorikan sangat valid atau layak untuk digunakan. 2) Hasil keefektifan media tiga dimensi diketahui dari hasil belajar peserta didik. Insrumen yang digunakan dalam mengukur hasil belajar adalah menggunakan tes pre-test dan post-test. Hasil keefektifan media tiga dimensi diketahui dan diperoleh menggunakan perhitungan Uji T Paired Sample T-Test dengan menunjukkan menggunakan SPSS versi 24 menunjukkan nilai sig(2-tailled) 0,00<0,05 maka terdapat signifikan antara hasil belajar pada data pre-test dan pos-ttest. Dari hasil tersebut maka pengembangan media tiga dimensi materi cuaca berdasarkan data pre-test dan post-tes dapat dikatakan efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Silvi Lailatul
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:56
Last Modified: 11 Jul 2023 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26334

Actions (login required)

View Item View Item