PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAKTIK (KOTAK TEMATIK) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 KELAS 5 DI SD MASYITHOH

Nur Fitria, Baiti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAKTIK (KOTAK TEMATIK) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 KELAS 5 DI SD MASYITHOH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi BAITI NUR FITRIA_T20194075.pdf

Download (16MB)

Abstract

Baiti Nur Fitria, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Taktik (Kotak Tematik) Dalam Pembelajaran Tematik Tema 6 Kelas 5 Di SD Masyithoh.

Kata Kunci : Media, Taktik (Kotak Tematik), Pembelajaran tematik.

Media pembelajaran dianggap sebagai salah satu komponen pembelajaran yang sangat penting karena berfungsi sebagai perantara interaksi guru dan peserta didik. Dalam pembelajaran peran guru yaitu sebagai pemberi informasi sedangkan peserta didik berperan sebagai penerima informasi. Proses interaksi ini dikatakan berhasil apabila antara keduanya berjalan dengan baik, dimana guru mampu menyampaikan informasi dengan baik dan peserta didik mampu untuk menerima informasi dengan baik pula. Agar interaksi tersebut menjadi sempurna, maka diperlukan alat atau media komunikasi yang efektif. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media pembelajaran.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran TakTik (Kotak Tematik) dalam pembelajaran tematik Tema 6 Kelas 5 di SD Masyithoh? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran TakTik (Kotak Tematik) dalam pembelajaran tematik Tema 6 Kelas 5 di SD Masyithoh?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran TakTik (Kotak Tematik) dalam pembelajaran tematik Tema 6 Kelas 5 di SD Masyithoh. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran TakTik (Kotak Tematik) dalam pembelajaran tematik Tema 6 Kelas 5 di SD Masyithoh
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Develompment (RnD). Jenis penelitian yang digunakan yaitu ADDIE, terdapat 5 tahap atau fase pengembangan, antara lain : Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluations. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis kualitatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Media pembelajaran TakTik (Kotak Tematik) yakni media visual yang berbentuk kubus berukuran 40 cm x 40 cm, terbuat dari kayu, dimana 4 sisinya dapat terbuka dan di sisi dalam kubus terdapat lembar materi. materi yang digunakan dalam media ini yaitu Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan pembelajaran 3 dan 5 pada Kelas 5 Sekolah Dasar. 2) Kelayakan media TakTik (Kotak Tematik) di validasi oleh 2 ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi yaitu 86% yang artinya media TakTik (Kotak Tematik) dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi yaitu 100% yang artinya media TakTik (Kotak Tematik) dikategorikan sangat layak untuk digunakan . Dan hasil rata - rata angket respon peserta didik yaitu 91%, dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil angket respon guru kelas memperoleh hasil 79%, dengan kategori layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Baiti Nur Fitria
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:42
Last Modified: 11 Jul 2023 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26338

Actions (login required)

View Item View Item