Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Lingkungan Kelas X Ipa di MA Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Khasanah, Uswatun (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Lingkungan Kelas X Ipa di MA Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
wm.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kurangnya minat belajar biologi pada peserta didik kelas X IPA di MA Wahid Hasyim Balung salah satu penyebabnya yaitu cara mengajar guru yang masih menggunakan metode konvensional. Hal tersebut juga mempengaruhi pada hasil belajar peserta didik yang diperoleh selama proses pembelajaran. Hasil belajar di kelas X IPA masih tergolong rendah, dengan perolehan rata – rata nilai di bawah KKM. Dari permasalahan tersebut maka perlu adanya upaya pendidik dalam mengatasi masalah ini. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), model pembelajaran ini dianggap inovatif dan dapat meningkatkan minat serta hasil belajar. Didalam model ini terdapat unsur belajar secara mandiri dan juga berkelompok-kelompok kecil. Yang mana dapat membuat peserta didik saling aktif dan bekerja sama satu sama lain.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan minat belajar peserta didik setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TPS, 2). Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah di belajarkan menggunakan model pembelajaran TPS, 3). Mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar peserta didik, 4). Mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Eksperimental Design dengan bentuk penelitain Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 63 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih terdapat dua kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Minat belajar kelas eksperimen diperoleh rata – rata sebesar 73,23; standar deviasi 4,037; skor minimum 66;skor maximum 83; 2). Hasil belajar kelas eksperimen memperoleh rata – rata sebesar 82,43; standar deviasi 7,609; skor minimum 70; skor maximum 95; 3). Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000; 4). Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000;

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), minat belajar, dan hasil belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Uswatun Khasanah
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:51
Last Modified: 13 Jul 2023 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26341

Actions (login required)

View Item View Item