Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Field Trip (Karyawisata) Kelompok B Di RA Muslimat NU 03 Kandangtepus Senduro Lumajang

Marlyana, Ade Vita (2023) Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Field Trip (Karyawisata) Kelompok B Di RA Muslimat NU 03 Kandangtepus Senduro Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ADE VITA MARLYANA_T20185037.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metode Field Trip (Karyawisata) biasa disebut juga dengan kunjungan lapang yang merupakan metode pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan, baik sebagai tempat belajar anak maupun sebagai sumber belajar. Guru RA Muslimat NU 03 Kandangtepus Senduro Lumajang menerapkan metode field trip dalam pembelajaran yang di lakukan guna membantu anak-anak dalam meningkatkan keerdasan naturalis anak.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan kecedasan naturalis anak menggunkan metode field trip (karyawisata) dalam mengamati alam pada kelompok B di RA Muslimat NU 03 Kandangtepus? (2) Bagaimana meningkatkan kecedasan naturalis anak menggunakan metode field trip (karyawisata) dalam mengenal objek alam, hewan dan tanaman pada kelompok B di RA Muslimat NU 03 Kandangtepus? (3) Bagaimana meningkatkan kecedasan naturalis anak menggunkan metode field trip (karyawisata) dalam menggolongkan objek sesuai karakteristik objek tersebut pada kelompok B di RA Muslimat NU 03 Kandangtepus?
Tujuan Penelitian ini adalah mendiskripsikan kecerdasan naturalis anak menggunakan metode field trip dalam mengamati alam, mengenal objek alam dan menggolongkan objek alam sesuai dengan karakteristiknya pada kelompok B di RA Muslimat NU 03 Kanangtepus
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data yang di gunakan oleh peneliti yaitu: Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan tringulasi sumber, dan tringulasi Teknik.
Hasil penelitian (1) meningkatkan kecerdasan naturalis anak menggunakan metode field trpi (karyawisata) dalam mengamati pada RA Muslimat NU 03 Kandangtepus yaitu memberikan waktu bebas berkeliling untuk anak-anak guna memicu rasa ingin tahu anak dalam mengeksplor lingkungan alam sekitar yang anak lihat. Memberikan waktu anak memperhatikan dan memikirkan dengan cara pola pikirnya sendiri dalam mengamati alam (2) meningkatkan kecedasan naturalis anak menggunkan metode field trip (karyawisata) dalam mengenal objek alam pada kelompok B di RA Muslimat NU 03 Kandangtepus yaitu peran guru sebagai sumber ilmu akan membantu anak memperkenalkan macam-macam objek alam yang dilihatnya. Guru membantu memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan anak mengenai objek alam yang dilihatnya. Memberikan kesempatan untuk bertanya jawab tentang alam. (3) meningkatkan kecedasan naturalis anak menggunkan metode field trip (karyawisata) dalam menggolongkan objek alam sesuai karakteristiknya pada kelompok B di RA Muslimat NU 03 Kandangtepus yaitu anak dapat membedakan tiap-tiap karakteristik dari objek alam, anak dapat mengelompokkan objek alam yang memiliki karakteristik sama.

Kata Kunci : Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini, Metode Pemelajaran Field Trip (Karyawisata)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Ms Ade Vita Marlyana
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:00
Last Modified: 11 Jul 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26342

Actions (login required)

View Item View Item