Pengembangan Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Ta'lim Al-Mutaalim Di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 Jember

Syafeq Irawan, Syafeq Irawan (2023) Pengembangan Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Ta'lim Al-Mutaalim Di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYAFEQ IRAWAN T20161157.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kegiatan penelitian ini berkaitan dengan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim yang berada di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 Jember dalam proses pembelajarannya menggunakan metode bandongan yang menggunakan komunikasi belajar dua arah atau bahkan multi arah, sedangkan pada umumnya metode bandongan menggunakan komunikasi satu arah oleh karenanya peneliti menganggap ini merupakan suatu fenomena yang unik dan tertarik untuk melakukan penelitian terhadap fenomena tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode bandongan dalam pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 jember. 2) Bagaimana bentuk pengembangan metode bandongan dalam pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 Jember. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemgembangan metode bandongan dalam pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode bandongan dalam pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 jember. 2) Untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan metode bandongan dalam pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan metode bandongan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim di Pondok Pesantren Al-Qodiri 01 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif teknik pengumpulan data: 1) observasi 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles Huberman dan Johnny Saldana yaitu: 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulalan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian menggunakan dua jenis yaitu: triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Pelaksanaan model bandongan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaalim dilakukan dengan enam tahapan yaitu: a) pendahuluan b) membaca dan menerjemah c) kesempatan bertanya d) membaca dan menjelaskan kembali e) pertanyaan dari ustadz f) penutup. 2) Pengembangan metodenya terletak pada komunikasi yang dibangun dengan dua arah atau bahkan dengan multi arah. 3) Faktor yang menjadi pendukung pelaksanaan metode ini adalah mental dan karakter santri yang bagus, tidak pemalu dan terbuka dan yang menjadi penghambat adalah santri yang memiliki karakter pemalu dan tidak terbuka kepada ustadz maupun kepada temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Mr Syafeq Irawan
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:38
Last Modified: 11 Jul 2023 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item