Pembelajaran Kejujuran melalui Pelajaran aqidah akhlak dalam konteks pencegahan perilaku koruptif di madrasah Tsanawiyah negeri 02 Bondowoso

Asy'ari, Asy'ari (2023) Pembelajaran Kejujuran melalui Pelajaran aqidah akhlak dalam konteks pencegahan perilaku koruptif di madrasah Tsanawiyah negeri 02 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Asy'ari T20161159.pdf

Download (20MB)

Abstract

Kejujuran merupakan bentuk kepribadian yang melekat pada seseorang,
sikap kejujuran sebagai cerminan diri dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa
dan bernegara adalah sikap jujur. Sikap jujur yang di ajarkan pada siswa akan
menjadi kebiasaan bagi setiap pelajar dalam kehidupannya senantiasa memiliki
tanggung jawab yang besar, sebagai pelajar yakni harus menjadi pelajar yang
berahlak dan bersaing serta dapat menjauhkan dirinya dari prilaku yang
menyimpang. Adapun perilaku koruptif yang harus di cegah melalui proses
pembelajaran sikap jujur serta di tanamkan pada siswa sejak dini agar menjadi
terbiasa untuk menjauhi berbagai perilaku koruptif berupa suka berbohong,
mencuri, mencontek, dan tidak disiplin. Peneliti memilih MTsN 02 Bondowoso
karena Madrasah tersebut merupakan Madrasah faforit di Bondowoso.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran kejujuran melalui pelajaran aqidah akhlaq dalam konteks
pencegahan perilaku koruptif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Bondowoso?
2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kejujuran melalui pelajaran aqidah
akhlaq dalam konteks pencegahan perilaku koruptif di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 02 Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kejujuran dalam
mencegah perilaku koruptif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Bondowoso?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis
lperencanaan pembelajaran kejujuran melalui pelajaran aqidah akhlaq dalam
konteks pencegahan perilaku koruptif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02
Bondowoso. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran
kejujuran melalui pelajaran aqidah akhlaq dalam konteks pencegahan perilaku
koruptif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Bondowoso. 3) Untuk mengetahui
dan menganalisis evaluasi pembelajaran kejujuran melalui pelajaran aqidah
akhlaq dalam konteks pencegahan perilaku koruptif di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 02 Bondowoso
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan
jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan penyajian
datanya dengan menarik sebuah kesimpulan. Kemudian untuk mendapatkan
sebuah keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Pada penelitian ini sudah sampai pada titik kesimpulan yaitu pembelajaran
kejujuran melalui pelajaran aqidah akhlak dalam kontek pencegahan perilaku
koruptif ada tiga strategi yaitu tahap penegenalan, pemahaman, dan penerapan.
Dan adapun hasil dari pembelajaran kejujuran dapat disimpulkan menjadi tiga
komponen yaitu kognitif, afektif dan psikomutorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Asy'ari Asy'ari
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:32
Last Modified: 11 Jul 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26344

Actions (login required)

View Item View Item