Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Arifatul Mujahidah, Farakh Dina (2023) Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DINA watermark.pdf

Download (29MB)

Abstract

Farakh Dina Arifatul Mujahidah. 2023. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Rasa Percaya Diri, Kegiatan Muhadharah

Percaya diri merupakan bagian yang sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa. Dengan percaya diri, dapat menjadi penggerak siswa dan penentu perilaku. Salah satu kegiatan keagamaan yang dapat mengembangkan potensi dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa adalah kegiatan muhadharah.
Fokus pada penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan keyakinan terhadap kemampuan siswa di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan kemampuan berpikir rasional dan realistis siswa di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember tahun pelajaran 2022/2023?.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan keyakinan terhadap kemampuan, siswa di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan kemampuan berpikir rasional dan realistis siswa di Sekolah Menengah Atas Baitul Arqom Balung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yaitu 1) Pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan keyakinan terhadap kemampuan siswa ditunjukkan dengan adanya pemberian persuasi verbal, dukungan, model peran, dan pemberian reward. 2) Pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa dilakukan dengan pemberian tugas, menetapkan aturan dan punishment. 3) Pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam menumbuhkan kemampuan berpikir rasional dan realistis siswa dilakukan dengan adanya tanya jawab, pemecahan masalah, memeriksa informasi berdasarkan fakta, dan menganalisis dalam pembuatan teks pidato.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Farakh Dina Arifatul Mujahidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:45
Last Modified: 11 Jul 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item View Item