POTRET AKHLAK MAHASISWA PAI PENGGEMAR BOY GROUP BEYOND THE SCENE DI UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

PUPUT PUJI, RAHAYU (2023) POTRET AKHLAK MAHASISWA PAI PENGGEMAR BOY GROUP BEYOND THE SCENE DI UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Puput Puji Rahayu Watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Memiliki idola dalam kehidupan adalah suatu kewajaran, namun dalam pengidolaan tidak diperbolehkan untuk berlebihan karena khawatir potret baik dalam diri akan memudar. Penggemar jika berlebihan akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mencari seluk beluk idola dan mengabaikan urusannya sendiri. Boy Group BTS merupakan idola yang banyak digemari oleh mahasiswa PAI di UIN KH Achmad Siddiq Jember. Keantusiasan mahasiswa PAI dalam menggemari Boy Group BTS dalam menjalani kehidupannya sebagai ARMY membuat peneliti tertarik mendalami potret akhlaknya.
Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana potret akhlak sabar dan tahan uji mahasiswa PAI penggemar Boy Group BTS di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2) Bagaimana potret akhlak tawakal dan mandiri mahasiswa PAI penggemar Boy Group BTS di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 3) Bagaimana potret akhlak dermawan mahasiswa PAI penggemar Boy Group BTS di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan potret akhlak sabar dan tahan uji mahasiswa PAI penggemar Boy Group BTS di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember 2) Mendeskripsikan potret akhlak tawakal dan mandiri mahasiswa PAI penggemar Boy Group BTS UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember 3) Mendeskripsikan potret akhlak dermawan mahasiswa PAI penggemar Boy Group BTS di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini meggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapagan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman, dimulai dengan pengumpulan data, kodensasi data, penyajian data, sampai penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Potret akhlak sabar dan tahan uji penggemar mrliputi tidak mengeluarkan amarah yang berlebihan dalam menghadapi hal yang negatif menyangkut diri mereka dan tetap senang ketika diminta untuk memberikan informasi kepada orang lain secara berkelanjutan. 2) Potret akhlak tawakal dan mandiri penggemar meliputi menyandarkan semuanya kepada Allah Swt., berani tampil di depan publik, pergi kemanapun sendiri, memilih menabung dari pada meminta orang lain dan mengerjakan tugas sendiri. 3) Potret akhlak dermawan penggemar melputi penggemar sering membantu atau menolong orang lain baik itu menggunakan dana maupun tenaga mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PUPUT PUJI RAHAYU
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:08
Last Modified: 11 Jul 2023 06:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26351

Actions (login required)

View Item View Item