Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Website di Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember

Roihatul Jannah, Ika (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Website di Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi__Ika Roihatul Jannah.T20194090.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, digital.
Saat ini kita telah berada di dasawarsa ketiga abad 21, yaitu tahun 2023. Kita juga hidup di Revolusi Industri 4.0, di mana digitalisasi dan otomatisasi telah merambah ke hampir setiap aspek kehidupan. Era ini didukung oleh teknologi abad ke-21 seperti internet of things, kecerdasan buatan, teknologi robotik dan sensor, digitalisasi, dan teknologi pencetakan 3D. Di tengah ketatnya ketidakpastian dan persoalan yang dihadapi setiap orang di abad ke-21, diperlukan perubahan paradigma pendidikan untuk membekali peserta didik dengan seperangkat kemampuan abad ke-21 yang diperlukan untuk menghadapi berbagai persoalan yang dialami dalam setiap aspek kehidupan. Perubahan yang dimaksud tidak terkait dengan perubahan isi kurikulum, melainkan perubahan pedagogik, seperti mengalihkan tindakan dari simple action ke arah comprehensive action dan transisi dari pendidikan konvensional ke pendidikan berbasis teknologi. Kaitannya dengan kompetensi pedagogik, ditemukan beberapa kesenjangan bahwasanya masih banyak guru yang menganggap penyusunan perencanaan pembelajaran khususnya RPP hanya sebagai pemenuhan kewajiban administrasi dan masih banyak kegiatan pembelajaran yang berjalan secara kondisional tanpa mengacu pada RPP. Maka dari itu, penelitian dan pengembangan ini dikhususkan pada pengembangan RPP yang bersifat praktis dan taktis berupa perangkat pembelajaran berbasis digital.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis website di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember; 2) mengidentifikasi kelayakan perangkat pembelajaran berbasis website di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Tahapannya ada 5 yaitu: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; dan 5) Evaluation. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli perangkat pembelajaran, dan reponden/guru SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. perangkat pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan diujicobakan oleh guru kelas IIIa dan kelas IIIb.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, uji kelayakan dinilai berdasarkan uji kelayakan oleh 4 validator ahli: 1) Ahli media mendapatkan skor 91,43% termasuk dalam kategori “sangat layak”; 2) Ahli Materi diperoleh skor 86% termasuk dalam kategori “sangat layak”; 3) Ahli Bahasa diperoleh skor 100% termasuk dalam kategori “sangat layak”; 4) Ahli Perangkat Pembelajaran diperoleh skor 80% termasuk dalam kategori “layak”. Respon guru melalui kegiatan FGD yang dihadiri oleh 8 guru mendapatkan persentase ≥ 85% setiap indikatornya. Selain itu, respon kedua guru kelas terhadap perangkat pembelajaran ini pada saat melakukan uji coba juga menunjukkan respon positif. Dengan demikian, produk perangkat pembelajaran berbasis digital pada pembelajaran tematik kelas III yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran tematik di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Ms Ika Roihatul Jannah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:21
Last Modified: 11 Jul 2023 06:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26353

Actions (login required)

View Item View Item