PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SERUT 01

Hendri, Elysa Ikma (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SERUT 01. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELYSA IKMA HENDRI_T20194041.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Elysa Ikma Hendri, 2023: Pengembangan Media Papan Pintar Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II MI Miftahul Ulum Serut 01.
Kata kunci: Pengembangan, Media Papan Pintar Perkalian, Matematika
Penelitian Pengembangan media Papan Pintar Perkalian ini dilaksanakan karena keterbatasan media pembelajaran pada mata pelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung perkalian pada MI Miftahul Ulum Serut 01. Selain itu media Papan Pintar Perkalian dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dan tidak membuat peserta didik pasif.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Prosedur Pengembangan Media Papan Pintar Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas II MI Miftahul Ulum Serut 01 ? 2) Bagaimana Keefektifan Media Papan Pintar Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas II MI Miftahul Ulum Serut 01 ?
Tujuan penelitian ini adalah: Menghasilkan produk berupa Papan Pintar Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II MI Miftahul Ulum Serut 01. 2) Mengetahui Keefektifan Papan Pintar Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II MI Miftahul Ulum Serut 01.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (Rnd). Dengan menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan juga evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan media Papan Pintar Perkalian telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba media menunjukkan tingkan kevalidan 94%, ahli materi menunjukkan tingkan kevalidan 98%, ahli pembelajaran sebesar 90% dan peserta didik 95%. Serta dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik yang dihitung menggunakan rumus N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata 80,708%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Elysa Ikma
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:44
Last Modified: 11 Jul 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26356

Actions (login required)

View Item View Item