DEVONA AZARIA FARID (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK B DI SATUAN PAUD SEJENIS ASTER 51 KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER

Farid, Devona Azaria (2023) DEVONA AZARIA FARID (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK B DI SATUAN PAUD SEJENIS ASTER 51 KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW SKRIPSI DEVONA-3.pdf

Download (11MB)

Abstract

Devona Azaria Farid, 2023: Implementasi Kegiatan Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Pada Kelompok B di Satuan PAUD Sejenis Aster 51 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Kegiatan Finger Painting, Kreativitas Anak
Kegiatan finger painting adalah suatu kegiatan teknik melukis menggunakan jari jemari anak dengan cara mengoleskan warna pada kertas kosong, dengan tujuan membantu perkembangan kreativitas anak dan melatih motorik halus. Anak usia dini sangat menyukai segala sesuatu yang indah, berwarna-warni, menantang dan ekploratif. Kreativitas anak merupakan suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di SPS Aster 51 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di SPS Aster 51 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di SPS Aster 51 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di SPS Aster 51 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan lapangan dan tahap analisis data.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Perencanaan kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di SPS Aster 51 yaitu sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan guru sudah mempersiapkan RPPH. Setelah itu menentukan tema dan Sub tema yang sudah ada dalam pedoman PROTA, dan PROSEM. Guru menyiapkan keperluan alat dan bahan berupa kertas, cat air, cup kecil, dan lap kain. 2) Pelaksanaan kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di SPS Aster 51 agar pembelajaran terlaksana yaitu dengan membagi 2 kelompok, ibu guru menjelaskan dan mencontohkan kegiatan finger painting yang akan dilakukan, ibu guru memberi tugas kepada anak, dan anak mengerjakan perintah ibu guru yang sudah dijelaskan sebelumnya. 3) Evaluasi kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di SPS Aster 51 yaitu sesuai dengan standart tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun, hasil karya, dan catatan anekdot. Dari evaluasi data tingkat pencapaian perkembangan kreativitas anak dapat kita simpulkan bahwa 9 anak berkembang sesuai harapan, 4 anak mulai meningkat perkembangan kreativitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Devona Azaria Farid
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:42
Last Modified: 11 Jul 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item View Item