khoiroh, siti anisatul (2023) MANAJEMEN EKSTRAKURIKUER BERBASIS MINAT DAN BAKAKT SISWA- SISWI DI MA AL- QODIRI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiiq Jember.
Text
SKRIPSI_SITI ANISATUL KHOIROH_T20193097.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Minat dan Bakat Siswa-siswi.
Kegiatan ekstrakurikuler di MA Al-Qodiri Jemberdikatakan berhasil
dalam proses manajemennya melihat dari banyaknya prestasi yang berhasil
diraih oleh siswa-siswi MA Al- Qodiri di bidang non academik. Salah satu
keberhasilan ini berawal dari minat dan bakat siswa- siswa yang berujung
tidak ada keterpaksaan saat mereka mengikuti kelas ektrakurikuler.
Seseorang akan menekuni pekerjaan mereka jika sudah mempunya rasa suka,
begitupun siswa- siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan
minat dan bakatnya, mereka lebih antusias dalam mengikutinya. Serupa
dengan sesorang yang pekerja sesuai dengan minat dan keterampilannya
cenderung memilki kepuasan dalam bekerja tersendiri.
Fokus Penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Perencanaan Kegiatan
Ekstrakurikuler Berbasis Minat dan Bakat Siswa-Siswi di MA Al-Qodiri ?.
(2) Bagaimana Pengorganisasian Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Minat
dan Bakat Siswa-Siswi di MA Al-Qodiri ?. (3) Bagaimana Pelaksanaan
Kegiatan Bagaimana Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Minat dan
Bakat Siswa-Siswi di MA Al-Qodiri ?. (4) Bagaimana Evaluasi Kegiatan
Ekstrakurikuler Berbasis Minatdan Bakat Siswa-Siswi di MA Al-Qodiri ?.
Tujuan penelitian yaitu: (1) Mendeskripsikan Perencanaan Kegiatan
Ekstrakurikuler Berbasis Minat dan Bakat Siswa-siswi di MA Al-Qodiri. (2)
Mendeskripsikan Pengorganisasian Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Minat
dan Bakat Siswa-siswi di MA Al-Qodiri. (3) Mendeskripsikan Pelaksanaan
Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Minat dan Bakat Siswa-siswi di MA Al�Qodiri. (4) Mendeskripsikan Pengorganisasian Kegiatan Ekstrakurikuler
Berbasis Minat dan Bakat Siswa-siswi di MA Al-Qodiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian
bertempat di MA Al- Qodiri Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian: (1) Tahap perencanaan berisi rumusan yang dirancang
sehingga menjadi tolak ukur pencapaian peserta didik, Pemilihan program
untuk mencapai tujuan dan perencanaan metode yang efektif. (2) Tahap
pengorganisasian di fokuskan menetapkan penanggung jawab kegiatan
ekstrakurikuler dan Tutor serta penetapan jadal waktu dan tempat
pelaksanaan. (3) Pada tahap pelaksanaan kepala madrasah melakukan
pengawasan terhadap setiap orang yang berperan dalam pelaksanaa proses
manajemen ekstrakurikuler. (4) Tahap evaluasi ini peneliti menemukan,
pengaruh minat itu dalam kegiatan ekstrakurikuler sangatlah besar. Mulai
dari perencanaan sampai evaluasi akan mendapat hasil yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms siti anisatul khoiroh |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:35 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26361 |
Actions (login required)
View Item |