PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO GEOGEBRA 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Azizah, Siti Nur (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO GEOGEBRA 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Azizah_T20197070.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kata Kunci: Flipped Classroom, Video Geogebra 3D, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Selama pandemi covid-19 siswa belajar secara online dari rumah, sehingga menyebabkan kurangnya fokus siswa terhadap penyampaian materi oleh guru saat pembelajaran di kelas. Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan oleh guru. Pasalnya, model pembelajaran dapat menciptakan suasana kelas kondusif dan menyenangkan atau bahkan sebaliknya. Materi bangun ruang sisi datar merupakan materi matematika yang bersifat abstrak dan cukup sulit dipahami. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba alternatif model pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan belajar siswa yaitu dengan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video Geogebra 3D.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol; 2) Mendeskripsikan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video Geogebra 3D terhadap motivasi belajar siswa; 4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video Geogebra 3D terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian eksperimen dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan pola Nonequivalent Group Posttest Only design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Z.
Kesimpulan penelitian ini: 1) Motivasi belajar siswa kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 76,66 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 69,87, sehingga rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 80,06 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 67,62, sehingga rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran flipped classroom berbantuan video geogebra 3D terhadap motivasi belajar siswa dengan perolehan Z hitung sebesar = 2,775 lebih besar dari Z tabel = 1,96 dengan signifikansi sebesar 0,007. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran flipped classroom berbantuan video geogebra 3D terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan Z hitung sebesar = 2,568 lebih besar dari Z tabel = 1,96 dengan signifikansi sebesar 0,013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Azizah Siti Nur Azizah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:48
Last Modified: 11 Jul 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26362

Actions (login required)

View Item View Item