Tinjauan Hukum Islam Tentang Orang Tua Melarang Anak Perempuan Menikah Sebelum Memiliki Pekerjaan tetap (Studi Kasus Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember)

Margaretha, Naila (2023) Tinjauan Hukum Islam Tentang Orang Tua Melarang Anak Perempuan Menikah Sebelum Memiliki Pekerjaan tetap (Studi Kasus Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NAILA FINAL WATERMARK.pdf

Download (75MB)

Abstract

Naila Margaretha, 2023 : Tinjauan Hukum Islam Tentang Orang Tua Melarang Anak Perempuan Menikah Sebelum Memiliki Pekerjaan Tetap Di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru.

Kata Kunci : Faktor orang tua, anak perempuan, bekerja, tinjauan hukum slam.
Perkawinan adalah menyatukan kedua manusia antara laki-laki dan perempuan untuk menyalurkan hasrat dan untuk menumbuhkan bibit-bibit seorang anak. Menikah adalah sunnatullah bagi setiap makhluknya, manusia merupakan insan paling mulia di hadapan Allah SWT yang di sunnahkan untuk menikah. Dalam suatu keluarga pasti adanya hak dan kewajiban antara suami dan istri untuk memenuhi kebutuhan keduanya. Penelitian ini meneliti tentang larangan orang tua melarang anak perempuan menikah sebelum memiliki pekerjaan di Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru.
Berdasarkan hal peneliti yang temukan, peneliti memfokuskan penelitian ini pada: 1) Apa faktor orang tua melarang anak perempuan menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap?. 2) Bagaimana tanggapan anak perempuan dan tokoh agama terhadap larangan orang tua menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap?. 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap larangan orang tua atas anak perempuan yang dilarang menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap?.
Dalam peneliti ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mana peneliti langsung terjun ke lapangan guna menggali data. Adapun data yang diperoleh peneliti merupakan bentuk dokumentasi, wawancara sehingga di jabarkan dengan bahasa baku atau dengan ejaan yang tepat. Lokasi penelitian berada pada Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru. Dalam penelitian ini menggunakan subjek data premier dan data sekunder.
Hasil yang diperoleh peneliti dari hasil wawancara ini adalah 1) Faktor orang tua melarang anak perempuan menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap yang terjadi di Desa Rowotengah ini, banyak kedua orang tua yang melarang anak perempuan nya menikah sebelum bekerja guna untuk kehidupan nya kelak ketika berumah tangga agar tenteram. Tenteram dalam arti cukup dalam segi ekonomi, serta finansial. 2) Upaya anak perempuan dalam menanggapi adanya larangan tersebut yaitu anak yang di didik sejak balita hingga dewasa sampai menjelang pernikahan, guna menghormati orang tua dan patuh terhadap apa yang di tentukan oleh kedua orang tua. Demi kemaslahatan seorang anak di kehidupan nanti setelah berkeluarga. 3) Tinjauan hukum Islam menjelaskan dalam larangan nikah sebelum bekerja bukan menjadi penghalang untuk anak yang sudah waktunya menikah. Dalam islam tidak ada larangan menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap. Hal baik dalam pernikahan segera diwujudkan, demi tidak adanya kemudharatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: miss Naila Margaretha
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:57
Last Modified: 12 Jul 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26372

Actions (login required)

View Item View Item