Analisis personal selling produk pembiayaan murabahah pada bmt ugt-nusantara capem jenggawah

faiszatul, hikmah (2023) Analisis personal selling produk pembiayaan murabahah pada bmt ugt-nusantara capem jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAISZATUL HIKMAH-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Murabahah merupakan salah satu bentuk jual beli yang bersifat amanah. Ba’i al-muarabahah sebagaimana didefinisikan oleh ulama fiqh adalah jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati. Dalam ba’i al-murabahah, penjual menyebutkan dengan jelas harga pembelian barang kepada pembeli kemudian ia mensyaratkan atas keuntungan (laba) dalam jumlah tertentu.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi personal selling dalam menjual produk pembiayaan murabahah pada BMT UGT-NUSANTARA Capem Jenggawah? 2) Apa saja kendala-kendala dan solusi dalam menjual produk pembiayaan murabahah dengan strategi personal selling pada BMT UGT-NUSANTARA Capem Jenggawah?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan strategi personal selling dalam menjual produk pembiayaan murabahah pada BMT UGT-NUSANTARA Capem Jenggawah. 2) Mendeskripsikan tentang kendala-kendala dan solusi dalam menjual produk pembiayaan murabahah dengan strategi personal selling pada BMT UGT-NUSANTARA Capem Jenggawah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Metode penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan kualitatif bersifat induktif. Metode keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas dengan teknik triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi Personal Selling dalam menjual produk Pembiayaan Murabahah yaitu BMT UGT-NUSANTARA Capem Jenggawah mempromosikan ulang kepada nasabah yang sebelumnya sudah melakukan akad di BMT atau melakukan pinjaman. Dengan cara men ceklist terlebih dahulu nasabah yang memiliki banyak saldo di tabungannya dan di list siapa saja yang memiliki usaha. 2) kendala dan solusi dalam menjual produk pembiayaan Murabahah dengan strategi Personal Selling pada BMT UGT-NUSANTARA Capem Jenggawah yaitu kendalanya adalah terlalu tinggi profit margin yaitu 2.5% sehingga saat melakukan akad tidak ada titik temu atau hasil karena ketidakpuasan nasabah dengan angsuran yang diberikan BMT. Dan solusinya adalah dengan menyampaikan marjinnya tidak secara keseluruhan, akan tetapi hanya menyebutkan laba perbulan yang diminta sekian agar nasabah merasa ringan dengan angsuran yang BMT berikan.

Kata Kunci: Strategi Personal Selling, dan Pembiayaan Murabahah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Faiszatul Hikmah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:15
Last Modified: 11 Jul 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26374

Actions (login required)

View Item View Item