Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Visual Basic for Application (VBA) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Jember

Hafifah, Indah Nur (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Visual Basic for Application (VBA) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Nur Hafifah_T20194062.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis VBA dalam pembelajaran IPAS kelas di SD Muhammadiyah 1 Jember. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran Interaktif berbasis VBA dalam pembelajaran IPAS kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Jember, dan untuk menguji efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis VBA dalam pembelajaran IPAS kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif berbasis VBA dilihat dari validator ahli media sebesar 89% dengan kategori “sangat valid” dan validator ahli materi sebesar 91% dengan kategori juga “sangat valid”. Keefektifan media dilihat dari respon siswa baik itu kelompok kecil sebesar 94% dengan kategori “sangat efektif” dan kelompok besar sebesar 84% dengan kategori “sangat efektif”, serta respon guru sebesar 91% dengan kategori “sangat efektif”.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, VBA, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100699 Computer Hardware not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Indah Nur Hafifah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:01
Last Modified: 11 Jul 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26376

Actions (login required)

View Item View Item