Pengembangan Media Pembelajaran Diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Syafi'iyah Pancakarya Ajung-Jember

Rosidania, Umi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Syafi'iyah Pancakarya Ajung-Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Rosidania_T20194051.pdf

Download (6MB)

Abstract

Umi Rosidania, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) Pada Pembelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Syafi’iyah Pancakarya Ajung-Jember.
Kata kunci : Pengembangan Media Diorama, Pembelajaran IPA
Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan pada media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, untuk melengkapi sarana pembelajaran pada muatan IPA materi ekosistem untuk kelas V B. Kendala yang dihadapi guru ketika pembelajaran penggunaan media seadanya dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, sehingga peserta didik kurang aktif. Media pembelajaran ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran IPA yang berkaitan dengan pengenalan keadaan alam beserta isinya dengan memanfaatkan media diorama.
Rumusan masalah pada penelitian ini (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) pada pembelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Syafi’iyah Pancakarya Ajung-Jember. (2) bagaimana kelayakan media pembelajaran diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) pada pembelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Syafi’iyah Pancakarya Ajung-Jember. Tujuan penelitan ini adalah : (1) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) pada pembelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Syafi’iyah Pancakarya Ajung-Jember (2) untuk menguji kelayakan media pembelajaran diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) pada pembelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Syafi’iyah Pancakarya Ajung-Jember.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu : Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) proses pengembangan produk media pembelajaran diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) telah melalui lima tahap model ADDIE. 2) Hasil ketiga validasi ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran adalah sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan hasil penggunaan media diorama dengan angket respon peserta didik memperoleh hasil 87% dengan kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran diorama PATASWA (Papan Taman Satwa) telah mencapai kategori “Sangat Valid” maka media diorama yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA yang dapat memotivasi siswa lebih minat dalam belajar dan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Umi Rosidania UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:21
Last Modified: 11 Jul 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26378

Actions (login required)

View Item View Item