Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Rendah di SDN Jatian 03

Hikmawati, Hikmawati (2023) Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Rendah di SDN Jatian 03. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hikmawati_T20194061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran tematik berbasis
STEAM dalam meningkatkan keaktifan belajar Siswa Kelas III di SDN Jatian 03.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.. PTK ini
mengacu pada pada model PTK Stephen Kemmis dan MC Taggart serta dalam
pelaksanaannya terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi/ pengamatan serta refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2023 di SDN
Jatian 03 dengan subyek penelitian peserta didik kelas rendah dan kelas yang
dipilih adalah kelas III. Penelitian ini diawali dengan pra penelitian serta
dilanjutkan dengan 2 (dua) kali siklus yang mana setiap siklusnya terdiri dari 1
kali pertemuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis STEAM (Science, Technology,
Engineering, Art, Mathematics) di SDN Jatian 03? 2) Bagaimana Keaktifan
Belajar Siswa melalui pembelajaran tematik berbasis STEAM di SDN Jatian 03?.
Penelitian ini memiliki kebaruan dikarenakan belum ada penelitian
serupadengan penelitian ini. Penelitian sebelumnya menggunakan model
pembelajaran problem based learningsedangkan penelitian ini menggunakan
model pembelajaran project based learning dan belum ada penelitian serupa yang
meneliti pada peserta didik kelas III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan
belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini bisa dilihat dari hasil peserta didik
yang aktif pada siklus I belum ada peserta didik yang mencapai kategori sangat
aktif dan terdapat 10 (sepuluh) peserta didik yang aktif dengan prosentase
(58,8%) dan rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar (59,6%). Sedangkan pada
siklus II diperoleh data bahwa terdapat 13 (tigabelas) peserta didik sangat aktif
dengan prosentase (82,4%) 3 (tiga) peserta didik aktif dengan prosentase (11,8%)
dan rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 84,6%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran tematik berbasis STEAM dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas III di SDN Jatian 03 karena rata-rata prosentase
siswa aktif telah mencapai hasil intervensi yang diharapkan yaitu sama dengan
atau lebih dari 75%.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, STEAM, Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Hikmawati Hikmawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:49
Last Modified: 11 Jul 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26379

Actions (login required)

View Item View Item