Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2022/2023

Minnatul Adhimah, Fina (2023) Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FINA MINNATUL ADHIMAH_T20193166.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan hal yang sangat penting dalam
pengelolaan sekolah karena memiliki peran untuk mengelola segala aktivitas yang
berkaitan dengan peserta didik, dengan adanya pengelolaan tersebut diharapkan
dapat memberikan tatanan yang lebih maksimal sehingga dapat terwujudnya
tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Untuk mencapai semua itu bahwa Di
SMA Negeri 1 Kencong merupakan sekolah yang mencetak siswa siswi
berprestasi dalam kompetisi Search for SEAMEO Young Scientist (SSYS) 2022
tingkat Asia Tenggara dalam bidang riset sains dan matematika dan juga termasuk
sekolah adiwiyata yang pada aspek kesiswaan di fokuskan pada pembinaan
karakter peduli lingkungan.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana
penerapan dalam manajemen kesiswaan di Sekolah Menegah Atas Negeri 1
Kencong? 2).Bagaimana prestasi belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Kencong? 3).Adakah pengaruh manajemen kesiswaan terhadap peningkatan
prestasi belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kenocng?
Tujuan penelitian ini adalah: 1).Mendeskripsikan penerapan manajemen
kesiswaan di SMA Negeri 1 Kencong pada Tahun Ajaran 2022/2023
2).Mendeskripsikan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Kencong pada Tahun
Ajaran 2022/2023 3).Untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara
penerapan manajemen kesiswaan terhadap peningkatan prestasi belajar di SMA
Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh manajemen kesiswaan terhadap
prestasi belajar. Menggunakan metode penelitian survey. Populasi meliputi siswa
kelas XI jurusan IPA yang berjumlah 1115. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 35 menurut teori Roscoe dalam Sugiyono. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana
dengan bantuan SPSS Statistic 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Manajemen kesiswaan di
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong dalam kategori tinggi dengan
presentase 68%. 2). Prestasi belajar di Sekolah Menegah Atas negeri 1 Kencong
dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 71%. 3). Terdapat pengaruh yang
signifikan antara manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar di Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Kencong dengan hasil uji t diperoleh nilai sig X sebesar
0,000 kurang dari 0,05. Diperoleh juga nilai thitung sebesr 4,048 lebih besar dari
ttabel 2,037. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kesiswaan terdapat
pengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: Mahasiswa Fina Minnatul Adhimah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:39
Last Modified: 11 Jul 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item View Item