MANAJEMEN KURIKULUM KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI MTSN 7 JEMBER

amaliah, nur rizki (2023) MANAJEMEN KURIKULUM KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI MTSN 7 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Manajemen Kurikulum Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik di MTsN 7 Jember.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah unggulan adalah lembaga pendidikan islam yang terbentuk dari suatu keinginan di lingkungan madrasah, untuk memiliki madrasah yang bisa meraih prestasi di ajang nasional maupun internasional dalam konteks akademik maupun non akademik, salah satu komponen yang harus dikembangkan dalam dunia pendidikan yaitu tentang kurikulum. Manajemen Kurikulum di MTsN 7 menjadi fokus kelas unggulan untuk mengelola dan meningkatkan prestasi non akademik.
Fokus dari penitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan Kurikulum Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi non Akademik di MTsN 7 Jember, yaitu a) berdasar analisis kebutuhan peserta didik di lingkungan madrasah, b) terpilihnya tim pengembang kurikulum, c) penyusunan kurikulum disepakati dalam rapat review pada tahun ajaran baru. 2) Pelaksanaan kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember, yaitu a) menggunakan K13 menggunakan pembelajaran praktek dan teori, b) cakupan jam pelajaran olahraganya lebih banyak dari kelas reguler, c) Sarana prasarana tersedia namun kurang standart d) indikator pelaksanaan banyak yang tercapai dan meraih banyak gelar kejuaraan di tingkat kabupaten maupun provinsi. 3) Evaluasi kurikulum kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi non akademik di MTsN 7 Jember, yaitu a) bentuk evaluasi kepada guru melalui acara pengembangan diri yang rutin dilaksanakan 1 tahun sekali, b) evaluasi terhadap siswa dilakukan seusai latihan/praktek olahraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Me Nur Rizki Amaliah
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:40
Last Modified: 12 Jul 2023 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26384

Actions (login required)

View Item View Item