Pengembangan Media Tangga Satuan Panjang Pada Pembelajaran Matematika Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember

Luthfiyah, Nuri Aisyatul (2023) Pengembangan Media Tangga Satuan Panjang Pada Pembelajaran Matematika Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuri Aisyatul Luthfiyah_T20194049.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan pada media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, untuk melengkapi sarana pembelajaran pada pembelajaran matematika kelas III Walisongo di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Media pembelajaran ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang berkaitan dengan materi kesetaraan satuan panjang yang memudahkan dalam menghitung satuan panjang yang satu ke satuan panjang yang lain khususnya untuk 1 angka dengan memanfaatkan media tangga satuan panjang. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: (1) Menghasilkan sebuah media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk digunakan sebagai pembelajaran Matematika yaitu pada pembelajaran matematika materi kesetaraan satuan panjang untuk peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember, (2) Untuk menguji dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tangga satuan panjang untuk peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidayah Negeri 2 Jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap antara lain: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu 1) Proses pengembangan media media tangga satuan panjang pada pembelajaran matematika kelas III Walisongo yaitu terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sehingga yang mulanya berupa media buku, lembar kerja peserta didik dan gambar saja menjadi media tangga satuan panjang yang terbuat dari whiteboard bergulung dengan mempunyai 2 sisi. 2) Kelayakan media tangga satuan panjang diketahui setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata 96% sehingga media ini dikatakan sangat valid atau layak digunakan.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Tangga Satuan Panjang, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Nuri Aisyatul Luthfiyah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:04
Last Modified: 11 Jul 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26385

Actions (login required)

View Item View Item