HUBUNGAN ANTARA CULTURE SHOCK DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI DI MA'HAD ALAM BANYUWANGI ISLAMIC SCHOOL (BIS)

Ayu Sofia, Dinda (2023) HUBUNGAN ANTARA CULTURE SHOCK DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI DI MA'HAD ALAM BANYUWANGI ISLAMIC SCHOOL (BIS). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Dinda Ayu Sofia_D20195047.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hubungan Culture Shock dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Ma’had Alam Banyuwangi Islamic school (BIS). Dinda Ayu Sofia; D20195047; 2023; Prodi Psikologi Islam, Fakultas Dakwah, UIN KHAS Jember.
Keyword : Culture shock, penyesuaian diri, kuantitatif
Culture shock atau bisa disebut juga gegar budaya merupakan bentuk proses mengahadapi di lingkungan baru dimana individu merasa tidak nyaman secara fisik maupun psikis sehingga mengganggu proses adaptasi dan bersikap. Culture Shock dengan penyesuaian diri adalah dua hal yang berkaitan satu sama lain, dimana ketika santri mengalami culture shock maka akan berdampak pada aspek penyesuain pribadi dan penyesuaian sosialnya. Penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial adalah bentuk aspek dalam mengukur kemampuan individu dalam menyesuaikan diri dalam lingkungan.
Rumusan penelitian pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara culture shock dengan penyesuaian diri pada santri Ma’had Alam Banyuwangi Islamic School (BIS)?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara culture shock dengan penyesuaian diri pada santri Ma’had Alam Banyuwangi Islamic School (BIS).
Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode berjenis korelasi. Teknik yang digunakan yaitu purposive sampling dengan total sampel sebanyak 40 santri yang ada di Ma’had Alam BIS. Keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitass. Jawaban setiap instrument menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linier, dan uji korelasi.
Hasil uji korelasi mendapatkan hasil yaitu - 0,424 dengan sig. 0,006 (p < 0,05), artinya terdapat hubungan negatif signifikan antara culture shock dengan penyesuaian diri pada santri di Ma’had Alam BIS. Nilai negatif menunjukkan bahwa sifat hubungan antara culture shock tinggi maka penyesuaian diri rendah, dan jika culture shock rendah maka penyesuaian diri tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Ms Dinda Ayu Sofia
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:10
Last Modified: 11 Jul 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26387

Actions (login required)

View Item View Item